Cara Rebus Telur yang Tepat Agar Kulit Pisah dengan Cangkang

Telur rebus.
Sumber :
  • Pixabay/Condesign

VIVA.co.id – Merebus telur memang terdengar sepele. Tinggal rebus air dan cemplungkan telur ke dalamnya.. Tunggu beberapa menit hingga telur matang. Namun, berbeda jika bicara soal mengupas telur rebus. Seringkali orang kesulitan mengupas kulit luar telur rebus dengan cepat. Banyak juga yang justru merusak bagian putih telur saat mengupas kulitnya.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Nah, perlu diketahui bahwa cara merebus telur yang salah, dengan suhu yang tidak tepat dapat menyebabkan tingkat kematangan telur tidak sempurna, dan saat dikupas, telur pun menjadi hancur.

Dilansir dari laman Huffington Post, Kamis, 20 Juli 2017, merebus telur dengan baik dan benar ternyata menghasilkan lapisan kulit putih tipis yang memisahkan antara cangkang dan telur di dalamnya.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Kulit putih tipis tersebut mengandung membran yang kaya akan protein. Kulit tersebut terdiri dari dua lapisan membran, yaitu membran selaput luar dan membran selaput dalam. Fungsinya untuk melindungi telur dari serbuan bakteri sehingga aman untuk turut dikonsumsi.

Hal serupa juga dimiliki pada kuning dan putih telur. Pada keduanya juga terdapat kandungan membran yang mungkin tak banyak orang memperhatikannya. Terdapat bagian kalaza atau lendir putih yang ermanfaat sebagai pengikat kuning telur agar tetap berada pada tempatnya dan tidak bergerak-gerak.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Lalu bagaimana cara merebus telur dengan benar agar kulitnya mudah dikupas?

Caranya, rebus telur di dalam panci berisikan air mendidih. Setelah telur matang, letakkan di dalam wadah berukuran besar yang sudah diisi air dingin. Cara ini memudahkan Anda untuk mengupas kulit telur dengan baik tanpa mengikutsertakan membran selaput dalamnya. Bagian putih telur pun tak akan ikut terkupas.

Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya