Ketahui Tips Masak Steik Sendiri di Rumah

Steak setengah matang.
Sumber :
  • Pixabay/TheAndrasBarta

VIVA.co.id – Memasak steik yang sempurna bukanlah hal yang mudah, terutama karena semua orang menyukai makanan ini disajikan cara yang berbeda, sesuai dengan selera masing-masing.

Maia Estianty Puji Makanan di Resto Rey Utami, Nilainya 11

Tetapi, seorang juru masak telah mengungkapkan bahwa kebanyakan orang menyajikan steik dengan cara yang salah. Untuk mendapatkan cita rasa terbaik steik daging sapi, kata dia, Anda harus tahu bagaimana cara menyimpan dagingnya.

Vincent Menager, headchef restoran London STK mengatakan bahwa kebanyakan orang terlalu lama menyimpan steik mentah di lemari es sebelum dimasak

Kontribusi pada Ekosistem Halal, Waroeng Steak & Shake Raih Penghargaan dari LPPOM MUI

Dia mengungkapkan, untuk rasa terbaik, daging sapi harus dikeluarkan dari lemari es dan dibiarkan menyesuaikan diri dengan suhu ruang sebelum dimasak di atas penggorengan.

"Cara terbaik untuk memasak steik dengan tingkat kematangan yang berbeda adalah dengan mengendalikan intensitas panas,” ucap Menager, dikutip dari laman The Sun, Jumat 28 Juli 2017.

Pecinta Steak Jangan Cuma Tau Wagyu, Ada Black Angus yang Gak Kalah Lezat

Dia mengungkapkan, pertama-tama, steik harus dikeluarkan dari lemari es untuk beberapa waktu agar suhu daging sedapat mungkin mendekati suhu ruang.

Menager juga mengungkapkan bahwa dagingnya harus dimarinasi atau dibumbui terlebih dahulu sebelum dimasak dan pastikan daging tidak basah saat dimasukkan ke dalam penggorengan.

Setelah itu, dia mengatakan bahwa Anda bisa memasaknya sampai tingkat kematangan yang diinginkan.

Juru masak lainnya, Bash Redford dan Mark Parr mengatakan, steik tidak boleh dimasak dengan minyak. Pasangan sesama juru masak yang mengelola restoran Forza Win di Peckham itu percaya bahwa minyak di dalam wajan bisa memberi rasa pahit pada steik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya