Segarnya Rasa Asam Lempah Kuning Khas Bangka Selatan

Lempah kuning.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Berkunjung ke Bangka Selatan, Bangka Belitung, rasanya tidak lengkap jika tak mencicipi kuliner khasnya. Salah satu kuliner khas andalan Bangka Selatan adalah lempah kuning.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Lempah yang berarti bumbu air ini memiliki rasa asam pedas yang segar yang dijamin dapat membuat nafsu makan Anda bertambah.

"Lempah kuning ini bagus untuk pencernaan karena bumbunya rempah-rempah semua," ujar Achmad Fajri, Kasi Promosi Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Kepulauan Bangka Belitung di Toboali, Bangka Selatan, Jumat, 28 Juli 2017.

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

Lempah kuning, lanjut Fajri, biasanya banyak ditawarkan di berbagai restoran dan rumah makan di Bangka Selatan. Tapi, Fajri menyarankan, untuk mencicipi makanan khas ini di rumah makan-rumah makan jika ingin mendapatkan rasa yang lebih otentik.

Satu porsi lempang kuning bisa Anda cicipi dengan harga Rp15 ribu hingga 25 ribu. Jangan ketinggalan juga tambahan lalapan seperti ketimun, terong kecil dan kecipir yang dicocol sambal terasi sebagai pelengkap menu lempah kuning Anda.

Status PPKM Dicabut, Wisata Kuliner Tangerang Bangkit Lagi

Fajri mengatakan, lempah kuning sudah menjadi salah satu warisan budaya leluhur di Bangka Belitung.

"Makanan ini sudah ada sejak zaman nenek moyang di Bangka. Dalam satu minggu, harus ada menu lempah kuning. Kalau tidak ada, ada yang kurang di lidah. Kalau ada lempah kuning, lebih lahap makannya.” (mus)

Nasi Gudeg

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Kuliner Nusantara adalah cerminan dari kekayaan budaya dan keanekaragaman alam Nusantara. Setiap daerah memiliki karakteristik kuliner yang unik.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023