Mengintip Menteri Khofifah Masak Sendiri Resep Favoritnya

Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • Nur Faishal (Surabaya)

VIVA.co.id – Sebagai Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa memiliki seabrek kegiatan baik di kantor maupun di daerah-daerah. Tetapi hal itu tidak melenyapkan tugasnya untuk melayani keluarga. Dia melakoni pekerjaan umumnya ibu rumah tangga.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

Salah satu kebiasaan Khofifah saat ada waktu luang di rumah ialah memasak. Seperti pada Minggu sore, 20 Agustus 2017. Kala itu, Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu baru pulang dari acara Pro Jokowi atau Projo di Gedung Cak Durasim Surabaya, Jawa Timur.

Biasanya, Khofifah istirahat sejenak di dalam kamar sebelum melanjutkan kunjungan kerjanya di lokasi lain. Tetapi tidak sore itu. Dia keluar dari kamar lalu menuju dapur di bagian belakang rumah. Baju yang dipakai saat acara Projo, jilbab merah dipadu kemeja putih, masih melekat di badan.

Khofifah: Kita Doakan Oktober Mendatang Presiden ke-8 Prabowo Dilantik

Khofifah lalu duduk di kursi kecil di lantai, menghadap sebuah kompor gas yang sudah menyala dengan wajan berisi minyak di atasnya. Adonan dadar jagung di sebuah wadah diambil sendok demi sendok lalu dipindah ke dalam wajan. Dia menggoreng dadar jagung itu.

Khofifah mengaku kerap membuat masakan ikan tuna goreng saat waktu senggang. Saat disajikan kepada anggota keluarga, ia tak lupa menyertakan sambal khusus buatannya. "Itu menu wajib saya ketika saya belanja bahan-bahan masakan," ujarnya.

Khofifah: Anggota KPPS Pejuang Demokrasi, Berkat Mereka Pemilu Sukses

Baginya, memasak ikan tuna sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja, tidak hanya di rumah. "Ikan tuna diiris-iris, lalu digoreng. Yang paling menentukan enak atau enggaknya itu kan prosesnya untuk menghilangkan bau amis ikan," tutur Khofifah.

Sebagai penyedap, bumbu sambal diolah. Bahannya, kata Khofifah, tomat, cabai merah, bawang bombay, gula merah, dan sedikit kecap. "Diaduk-aduk, sudah jadi. Di mana saja kita bisa memasak seperti itu, misalnya saat camping," ucapnya.

Agar bumbu sambal itu meresap ke dalam daging ikan, Khofifah biasanya menyiramkan bumbu sambal manis itu ke tumpukan ikan tuna goreng di atas piring sampai merata. "Biarkan sekitar 15 menit supaya meresap. Sudah, simple toh," tuturnya.

Khofifah mengaku terakhir memasak sendiri selepas Hari Raya Idul Fitri lalu. Dua minggu ditinggal pembantu, dia pun memasak sendiri untuk anak-anaknya di rumah. "Dua minggu saya masak sendiri, apa saja yang ada di freezer dan bisa dimasak, saya masak," katanya lagi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya