Yuk Datang ke Kreatifood, Festival Kuliner Seru di Palembang

Kreatifood 2017 di Palembang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

VIVA.co.id – Kreatifood di Palembang resmi dibuka pada hari ini, Selasa, 22 Agustus 2017 oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin dan Kepala Bekraf, Triawan Munaf. Acara yang digelar hingga 27 Agustus 2017 tersebut diyakini dapat memopulerkan ragam kuliner Palembang, menjelang Asian Games.

Festival Kuliner Virtual Terbesar Dibuka, Bisa Dinner Bareng Idola

"Pempek Palembang merupakan makanan asli sini yang sudah mendunia. Dengan membuka Kreatifood 2017, sebelum Festival Sriwijaya dimulai, diharapkan semakin meningkatkan antusiasme masyarakat," ujar Alex, saat ditemui usai pembukaan Kreatifood, di Benteng Kuto Besak, Palembang, Selasa, 22 Agustus 2017.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata, Irene Sinaga, menjelaskan bahwa acara kuliner ini menghadirkan 10 stan, di mana salah satu yang juga ingin diangkat dari Palembang adalah kopi khasnya.

Festival Nasi Online, Pasar Kuliner Lokal yang Bikin Kenyang

"Kreatifood ini pertama diadakan dan merupakan inisiasi pemerintah daerah dengan Bekraf. Palembang memiliki potensi kopi yang bisa ditingkatkan dari macam variannya seperti pagar alam, lahat atau sumende, kopi muara enim, kopi oku selatan, dan kopi linggau," ujar Irene.

Bersamaan dengan itu, Triawan menjelaskan bahwa Kreatifood merupakan salah satu cara meningkatkan perekonomian kreatif. Sebab, industri ekonomi kreatif memiliki peran besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

7 Makanan Khas Palembang yang Lezat Selain Pempek

"Ekonomi kreatif sangat menjanjikan dan pertumbuhannya luar biasa. Pada 2015 kemarin, besaran kontribusi ekonomi kreatif sebesar Rp852 triliun, di mana kuliner menyumbang paling besar sebanyak 41,6 persen," ucapnya.

Kreatifood 2017 di Palembang digelar dalam kegiatan Sriwijaya Festival, yang merupakan kegiatan festival seni dan budaya yang berlangsung setiap satu tahun sekali. Saat ini di Palembang akan mengangkat tema mengenai Kopi Kita Kopi Giling Lokal.

Gibran Rakabuming Raka di Bandung

Gibran Mau Kasih Panggung Buat Musisi Lokal

Calon Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginannya untuk memberikan panggung sebanyak-banyaknya pada musisi-musisi lokal. Hal ini ia sampaikan

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2024