Samosa Terbesar Sedunia, Beratnya 153 Kilogram

Samosa terbesar di dunia.
Sumber :
  • YouTube Guiness World Records

VIVA.co.id – Baru-baru ini dunia mencatat rekor samosa terbesar pada 22 Agustus 2017 yang dibuat di Inggris. Camilan gurih yang populer di Asia dengan bentuk segitiga itu dibuat dengan ukuran raksasa. Beratnya mencapai 153,1 kg.

Viral Seorang Wanita Pecahkan Rekor Dunia yang Tak Biasa

Dilansir dari laman Star2, Kamis, 24 Agustus 2017, puluhan relawan dari masyarakat muslim di Inggris berupaya membuat samosa terbesar dibandingkan ukuran samosa pada umumnya. Samosa terbesar ini sudah diakui oleh Guinness World Records melalui serangkaian prosesnya.

Samosa ini dibangun di atas papan penggorengan raksasa, lalu dibanjiri minyak goreng untuk setelahnya dihitung beratnya. Sang pencetus proyek ini, Farid Islam, menuturkan bahwa proses pengolahan samosa ini begitu menegangkan.

Geger Nenek-nenek Meninggal Setelah Lakukan Terjun Payung, Kok Bisa?

"Prosesnya sangat menegangkan. Terlihat seolah akan segera tergelincir. Ada beberapa retakan pada adonan dan saya merasa begitu sedih," ujar Farid.

Namun, tim dari Guinness World Records yang melihat langsung prosesnya, Pravin Patel, mengatakan bahwa samosa ini memiliki resep dan cara pengolahan sesuai standarnya. Namun, ukuran raksasa membuatnya tercatat dalam buku dunia.

Netizen Soroti Makanan Viral Rupai Rambut Halus, Sebut Sop Bulu

"Samosanya berbentuk segitiga, terbuat dari terigu, kentang, bawang, dan kacang polong lalu digoreng hingga matang. Samosanya nampak seperti pada umumnya dan rasanya dapat dimakan untuk masyarakat," ujar Pravin.

"Samosa ini tercatat (dalam rekor) bukan hanya karena beratnya yang luar biasa dan ukuran yang raksasa. Cita rasanya yang khas membuatnya memiliki nilai tambah," katanya menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya