Cara Ampuh Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Ilustrasi daging kurban.
Sumber :
  • Pixabay/mp1746

VIVA.co.id – Idul Adha akan dirayakan oleh umat Muslim Indonesia besok, Jumat, 1 September 2017. Dan Hari Raya Haji ini erat kaitannya dengan jamuan makan serba kambing.

Olahan Daging Kambing Ini Siap Lecut Gairah Pasangan Suami-Istri

Menu jamuan berbahan dasar kambing itu akan sering tersedia selama beberapa hari ke depan. Dan bagi orang yang sudah tahu cara memasak daging kambing yang benar akan mudah mengolah kambing tersebut dan menghasilkan berbagai cita rasa kambing nan lezat.

Sementara bagi yang tidak tahu akan kesulitan untuk mengolah daging kambing dengan benar. Masalah yang sering dihadapi adalah aroma menyengat atau bau prengus yang sering membuat orang enggan menyantapnya. Dan berikut ini tips dan trik untuk menghilangkan bau prengus yang dilansir dari berbagai sumber.

Makan Daging Berlebih saat Idul Adha, Bahaya Diabetes Mengintai

Jangan mencuci daging kambing

Banyak orang yang berpikir bahwa salah satu cara menghilangkan bau prengus daging kambing adalah dengan mencucinya. Padahal, proses mencuci ini harusnya dihindari karena bau prengus justru akan hilang jika langsung dimasak dengan metode merebusnya.

VIDEO: Tanpa Obat Kuat, Makanan dan Minuman Ini Bikin Pria Tahan Lama

Perlu diingat juga, proses memasaknya pun harus benar (meresap, tanak, dan cukup waktu). Saat memasak daging kambing, buang busa dan kotoran yang keluar agar tidak menimbulkan bau.

Gunakan jahe

Jahe disinyalir mampu menutupi bau daging menyengat pada daging kambing. Caranya, cincang jahe dan lumuri ke daging yang akan diolah.

Pakai jeruk nipis

Untuk menghilangkan bau amis atau prengus juga bisa membaluri daging kambing dengan menggunakan jeruk nipis sebelum diolah. Biarkan daging selama 1 jam setelah dilumuri jeruk nipis sebelum dimasak.

Rendam dengan nanas

Merendam daging kambing di dalam parutan nanas muda juga sangat dianjurkan. Selain membantu mengurangi bau prengus, juga bisa mempercepat daging empuk dan tidak alot.

Potong dengan benar

Memotong juga akan mempengaruhi bau prengus daging kambing. Oleh karena itu, potonglah daging searah dengan serat daging. Selain itu, hilangkan atau buang lemak yang ada pada daging.

Bungkus dengan daun pepaya

Tips lainnya adalah dengan menggunakan daun pepaya untuk menghilangkan bau prengus dari daging kambing. Caranya, dengan menyelimuti daging kambing menggunakan daun pepaya selama 30 menit sebelum dimasak. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya