Jangan Sembarangan Masak Menggunakan Wajan Cast Iron

Wajan cast iron.
Sumber :
  • Pixabay/WikimediaImages

VIVA.co.id – Tidak semua bahan makanan dapat Anda masak di atas wajan berbahan cast iron (besi tuang). Jika salah memilih bahan yang dimasak di wajan tersebut, bukan tidak mungkin Anda mencicipi rasa logam pada makanan Anda.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Dilansir dari laman Huffington Post, Kamis, 31 Agustus 2017, sebelum memasak makanan apapun di atas wajan cast iron, Anda harus memberi coating oil atau seasoning  pada permukaan wajan. Bukan dibumbui, melainkan memanaskan seluruh permukaan wajan dengan sedikit minyak, ini akan melindungi makanan dari kandungan besi pada wajan.

Tak hanya itu, Anda pun tidak boleh mencuci wajan ini dengan sabun dan mengeringkannya hanya dengan mengandalkan udara. Keringkan dengan cara memanaskannya di atas kompor dengan api kecil.

Hadir dengan Warna Baru, ini Kelebihan Steincookware Glow Pan Violet Series

Namun, aturannya tidak berhenti sampai di sana. Jangan gunakan wajan cast iron untuk memasak bahan makanan yang bersifat asam. Saus tomat misalnya. Zat asam akan bereaksi jika bertemu logam dan menyebabkan partikel logam meresap ke dalam makanan.

Meskipun risiko gangguan kesehatannya rendah, rasa logam akan terasa saat mencicipi makanan.

Trik Bersihkan Bekas Gosong di Wajan Pakai 3 Bahan Dapur

Lalu, apa solusinya? Pastikan wajan sudah diberi seasoning dengan baik sebelum digunakan untuk memasak agar tidak banyak kandungan besi yang terserap ke dalam makanan.

Kedua, sebaiknya gunakan wajan lain jika ingin memasak makanan bersifat asam dengan waktu lama. Karena berdasarkan uji coba yang dilakukan oleh America's Test Kitchen, terdapat rasa logam yang cukup kuat dari makanan asam yang dimasak selama 30 menit di wajan cast iron.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024