Selama Ini, Anda Memecahkan Telur dengan Cara yang Salah

Telur ayam/Ilustrasi.
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA.co.id – Entah membuat telur mata sapi, omelet, kue, atau olahan lain yang menggunakan telur, terkadang tidak semua bagian cangkang telur mesti diretakkan.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Dalam berbagai acara demo memasak, Anda kerap melihat para juru masak memecahkan telur dengan cara membenturkannya ke pinggir mangkuk, atau wadah, dan dengan mudah mengeluarkan seluruh isi telur tanpa sisa.

Memang terlihat baik dan gampang, namun pernahkah Anda mencoba cara yang sama di rumah? Tidak sedikit yang berujung pada dapur yang berantakan, atau tangan belepotan. Bahkan, terkadang serpihan cangkang juga ikut masuk ke dalam wadah.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Memecahkan telur di pinggir suatu benda dapat membuat cangkang telur retak dan pecahannya ikut tercampur ke dalam wadah. Begitu pula memecahkan telur dengan memukulnya menggunakan pisau.

Memasak pun menjadi kurang efisien, karena Anda harus mengeluarkan pecahan tersebut dan terkadang hal tersebut tidaklah mudah, benar kan?

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Sebenarnya, ada cara memecahkan telur yang dapat membuat pekerjaan Anda di dapur menjadi lebih efisien.

Dilansir dari laman Daily Meal, Senin 18 September 2017, caranya adalah dengan membenturkan telur pada permukaan yang datar. Dengan cara ini, tekanan yang dihasilkan cukup untuk membuat lingkar telur menjadi lebih mudah retak dengan rapi, tanpa membuat kepingan cangkang masuk ke dalam wadah berisi telur.

Anda bisa melakukannya di atas meja, atau permukaan datar lain yang bertekstur keras.

Jika pada akhirnya tetap ada kepingan cangkang yang masuk ke dalam wadah, gunakan kepingan cangkang yang ukurannya lebih besar untuk menarik keluar kepingan kecil tersebut. Cara ini dianggap ampuh untuk mencegah pekerjaan dapur menjadi berantakan.

Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya