Semakin Banyak Supermarket yang Jual Buah dan Sayur 'Cacat'

Ilustrasi buah dan sayur berbentuk aneh.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Buah atau sayur dengan bentuk sempurna biasanya lebih banyak diincar oleh para pembeli. Buah dengan bentuk sebaliknya, aneh dan 'tidak sesuai standar' kerap ditinggalkan dan berakhir di tempat sampah.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Menyadari fakta tersebut, Meijer, supermarket di Amerika Seikat menyediakan satu tempat khusus untuk menjual buah atau sayur dengan bentuk yang aneh atau tidak semestinya. Bagian khusus buah dan sayur itu diberi nama Misfits.

Dikutip dari laman Food and Wine, Selasa, 22 September 2017 supermarket ini tertantang untuk menjual buah dan sayur ‘cacat tersebut. Menurut pihak supermarket, produk tersebut tidak seburuk tampilannya. Rasanya pun sama dengan buah dan sayur berbentuk sempurna.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Buah dan sayur di bagian Misfits ini tentu dijual dengan harga lebih murah, yakni 20-40 persen dari harga normal. Saat ini Meijer hanya menyediakan tempat khusus itu untuk apel, paprika, lemon, jeruk nipis dan ubi.

Tidak hanya karena bentuknya yang tidak masuk dalam kategori bagus, produk yang ada di bagian khusus ini umumnya memiliki warna yang tidak biasa. Namun, salah seorang petinggi Meijer menganggap isi produk tersebut masih layak dikonsumsi.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Perlu diketahui, saat ini semakin banyak supermarket di AS dan Eropa, seperti di Inggris dan Prancis yang mulai menurunkan standar produk mereka dengan menjual buah dan sayur yang bentuknya tidak sempurna.

Hal ini dilakukan untuk menurunkan angka food waste atau pembuangan makanan. Apalagi buah dan sayur ‘cacat’ sebenarnya memiliki cita rasa yang sama dengan yang normal.

Ilustrasi sayuran/belanja di supermarket.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Sayuran yang mengandung vitamin B12 disebut-sebut ampuh untuk mengelola kolesterol tinggi. Karena kaya vitamin B12, sayuran-sayuran ini sangat baik turunkan kolesterol.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024