Bahaya Menambahkan Lemon dalam Minuman

Air lemon
Sumber :
  • Pixabay/ kaboompics

VIVA.co.id – Segarnya segelas air mineral dengan potongan buah lemon, sudah sering disajikan di berbagai restoran. Tetapi, sajian tersebut ternyata memicu dampak buruk. Siapa sangka, peneliti menemukan banyak bakteri di dalam sajian tersebut.

Ingin Lemon Tetap Berair Walau Disimpan Lama? Ini Caranya

Dilansir dari laman Reader's Digest, Senin 25 September 2017, sajian air mineral dan potongan buah lemon, menjadi populer di banyak restoran dan kafe. Sayangnya, meski disebut banyak memiliki manfaat baik, potongan buah lemon itu malah membawa banyak bakteri.

Studi dalam Journal of Enviromental Health telah melakukan tes pada 76 buah lemon dari 21 restoran untuk melihat bakteri yang terkandung. Hasilnya, hampir 70 persen potongan lemon memiliki bakteri, virus dan mikroba lain seperti E.coli.

Kesalahan Jutaan Orang, Minum Air Lemon Setiap Pagi

Alasan di balik hal tersebut ternyata sangat sederhana. Potongan lemon yang dipesan dari restoran cenderung memiliki standar kesehatan yang minim. Para staf biasanya mengambil buah lemon tanpa sarung tangan, atau mencuci tangannya, lalu memotongnya dan memasukkannya ke dalam air mineral.

Kebiasaan dan rendahnya standar kesehatan itu, membuat para staf tidak memperhatikan kebersihan tangannya saat memotong buah lemon. Sehingga, secara tidak langsung, bakteri dari tangan mereka, ikut ke dalam minuman tersebut.

Keampuhan Air Lemon dan Madu untuk Turunkan Berat Badan

Meski begitu, belum ada penelitian yang mengaitkan adanya wabah atau penyakit yang berkaitan dengan buah lemon. Serta, kehadiran sistem imun di tubuh yang mampu menangkal bakteri berbahaya.

"Kebiasaan ini mungkin jarang menimbulkan infeksi, tetapi kemungkinan untuk bisa infeksi ada," ujar peneliti, dr. Tierno. (asp)

Lemon.

Konsumsi Air Lemon Setiap Hari Mampu Cegah Batu Ginjal

Berikut ini lima manfaat lain konsumsi air lemon.

img_title
VIVA.co.id
28 Juni 2018