Awas, Mi Instan Bisa Picu Asma pada Buah Hati

Ilustrasi masak atau wajan.
Sumber :
  • Pixabay/Kropekk_pl

VIVA.co.id – Ragam penyebab asma bisa hadir di lingkungan tempat kita tinggal. Pemicu asma bisa disebabkan oleh debu, perubahan cuaca, bahkan makanan yang mudah dijangkau seperti mi instan.

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Mi instan memiliki bumbu penyedap rasa yang bagi sebagian besar anak-anak bisa menimbulkan alergi. Tak jarang alergi bumbu penyedap rasa dapat memicu serangan asma secara tiba-tiba pada si kecil.

"Alergi bisa macam-macam, mulai dari binatang hingga makanan. Biasanya, makanan yang menyebabkan alergi hingga memicu asma yaitu kacang, cokelat, tomat, hingga mi instan," ujar Spesialis Paru, Prof. Faisal Yunus kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

Sering Makan Mi Instan? Hati-hati, Ginjalmu Bisa Bermasalah!

Sedangkan mi-nya saja sebenarnya bukan pemicu alergi. Jadi yang memicu alergi adalah zat yang terkandung di dalam bumbu pengawet yang sering dikonsumsi berlebihan.

"Kalau mau, mi instan boleh dimasak mi saja, tapi bumbunya dibuat sendiri oleh ibunya. Zat dalam bumbu penyedap rasa itu bisa memicu asma, jadi sebaiknya dihindari dengan membuat racikan bumbu sendiri," kata dia.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Tidak hanya itu, jajanan yang kerap kali disantap anak berisiko memicu alergi sehingga asma bisa terjadi. Banyaknya pengawet dan pewarna buatan yang ada di dalam jajanan tersebut membuatnya berpotensi mengakibatkan nserangan asma.

"Seperti jualan es di pinggir jalan, rentan memicu asma juga karena ada pewarnanya itu. Makanan dan jajanan lainnya bisa mengandung pengawet yang bahaya untuk anak. Jadi, sebaiknya para ibu bisa membuat makanan sendiri dari hasil racikannya," ucap Faisal.

Ilustrasi mie instan.

Sering Sahur dengan Mie Instan? Waspada 5 Dampak Buruk untuk Kesehatan!

Makan mie saat sahur bisa memiliki beberapa dampak buruk, terutama jika pola makan ini menjadi kebiasaan yang tidak sehat. Mie instan tidak disarankan sebagai menu sahur.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024