Poding, Racikan Kopi ala Aceh Peningkat Stamina Pria

Kopi telur kocok khas Aceh atau masyarakat lebih sering menyebut kupi boh manok weng.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA.co.id - Aceh, daerah yang juga dikenal sebagai salah satu lumbung kopi terbaik Nusantara, memiliki varian olahan kopi yang memikat. Begitu pun warung-warung kopi di Aceh tak pernah sepi pengunjung, menyuguhkan rupa-rupa kreasi kopi bagi penikmatnya.

Mengintip Coffee Shop Lokal Diklaim Terbesar di Indonesia, Seperti Apa?

Bagi masyarakat Aceh, minum kopi bukan hanya tradisi keseharian. Minum kopi juga bisa menambah stamina, atau masyarakat Aceh lebih sering menyebutnya poding.

Poding sejatinya ialah kopi campur telur. Kopi dan telur adalah hidangan yang berasal dari racikan kopi setelah disaring ampasnya dan dicampur telur yang sudah dikocok. Dalam bahasa Aceh popular disebut boh manok weng.

Peran Kopi Dalam Sejarah Minangkabau

Poding, Racikan Kopi ala Aceh Peningkat Stamina Pria

Meski sudah dicampur telur, aroma kopinya tetap terasa, dan tidak berbau amis. Untuk menghilangkan bau amis, telur yang sudah dikocok menggunakan mixer lalu direndam dalam air panas. Selanjutnya diberi campuran kopi dan sedikit susu kental manis.

Pemberdayaan UMKM BRI, Buah Kopi Takengon Aceh sampai ke Amerika

Coffee latte ala Aceh itu cukup digemari pemuda. Seorang penikmat kopi telur kocok khas Aceh, Sahrial Nave, mengklaim banyak khasiat mengkonsumsi minuman itu.

“Salah satunya bisa menambah stamina bagi pria. Namun, bukan berarti minuman ini tidak bisa diminum wanita--tetap bisa, biasanya perempuan mengonsumsi kopi telur kocok ini sebagai penambah darah,” katanya.

Tajul, peracik kopi telur di kedai BMW Kupi, menyebutkan khasiat lain poding untuk membugarkan badan. Berdasarkan kandungan telurnya saja sudah jelas khasiatnya dapat meningkatkan stamina. Apalagi jika dicampur kopi Aceh yang memang cita rasa istimewa.

“Dari olahan dan campurannya yang membuat kopi telur kocok khas Aceh ini beda dengan yang ada di daerah lain, apalagi kita menggunakan kopi asli Aceh,” katanya kepada VIVA.co.id di sela meracik kopi telur kocok pada Senin malam, 2 Oktober 2017.

Telur yang digunakan ialah telur ayam kampung. Jika stok kosong, BMW Kupi akan menggunakan telur ayam Arab. Kedai kopi itu bisa menghabiskan sekitar seratus butir lebih telur per hari.

BMW Kupi juga menyajikan varian campuran lain, seperti campuran teh dan boh telur kocok yang dicampur madu. Satu gelas kopi telur kocok dihargai Rp12 ribu, sedangkan yang spesial Rp15 ribu.

Kedai itu terletak di tempat strategis, lokasi yang disebut surga warung kopi, di Jalan T Panglima Nyak Makam, Lampineung, Kota Banda Aceh, Aceh. Letak persis di samping Hotel Hermes Banda Aceh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya