Jelajah Gizi Lewat Sedapnya Kuliner Khas Malang

Cwie Mie Malang.
Sumber :
  • TVOne

VIVA.co.id – Indonesia merupakan negara yang kaya dengan kuliner Nusantara. Saat menjelajah daerah-daerah di Indonesia, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner lokal daerah setempat.

Jadi Makanan Warga Gaza Cegah Kelaparan, Ini Kandungan Nutrisi Tanaman Kaktus

Hari ini, Jumat, 13 Oktober 2017, VIVA.co.id berkesempatan ikut menjelajahi Kota Malang, Jawa Timur, bersama Nutricia dalam program Jelajah Gizi 2017. Beragam menu khas Malang akan dicicipi mulai dari bakso Malang, cwie mie Malang,  mendol atau sejenis perkedel yang berbahan dasar oncom,  hingga nasi bungkus atau sejenis nasi campur.  

Meski hanya menikmati makanan lokal, jangan salah, menu-menu khas ini juga punya nilai gizi. Ahli gizi, Prof Ir Ahmad Sulaeman, MS, PhD menjelaskan bahwa makanan khas daerah tak hanya memiliki kekhasan rasa, tapi terkandung juga nilai gizinya.

Mengoptimalkan Asupan Vitamin C, Pelajaran dari Penelitian Minuman Kemasan Terbaru

"Komponen nutrasetikal yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran. Sangatlah menarik bila masyarakat mengetahui nilai gizi dan komponen lain yang dikonsumsi dari makanan daerah ini, sehingga kita bisa menentukan ragam dan porsi yang tepat sesuai kebutuhan maupun untuk menjaga kesehatan atau mencegah penyakit," tutur dia.

Penting pula diketahui, Ahmad menambahkan, saat menjelajah kuliner daerah bukan berarti Anda bisa sepuasnya melahap menu khas. Perlu diperhatikan pemenuhan gizi sesuai dengan usia,  jenis kelamin, keadaan fisiologis dan aktivitas yang dijalani selama melakukan perjalanan.

Petugas Gizi Kota Depok Klaim Menu PMT Sudah Sesuai Arahan UNICEF

"Untuk memenuhi kebutuhan gizi itu juga bisa didapat dari pandangan lokal yang ada di sekitar.  Pemenuhan kebutuhan gizi dengan mengutamakan bahan lokal juga mempunyai beberapa keuntungan, di antaranya lebih mudah ditelusuri, lebih bervariasi dan benar-benar enak," katanya. (ren)

Blewah.

Blewah: Buah Kaya Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Menambahkan buah blewah ke dalam pola makan anda akan terasa lebih bermanfaat. Blewah adalah pilihan yang sangat baik untuk dikonsumsi.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024