Berapa Banyak Porsi Daging Ideal Per Hari?

Ilustrasi memasak daging/daging merah.
Sumber :
  • Pixabay/agamaszota

VIVA – Daging banyak menjadi momok di masyarakat akibat kadar kolesterol yang dikandungnya. Padahal tidak perlu takut mengonsumsi daging asal tidak berlebihan.

Banyak Konsumsi Daging Merah Tingkatkan Risiko Endometriosis

Lantas, seperti apa porsi ideal konsumsi daging bagi setiap orang? Ahli gizi Leona Victoria Djajadi memberi tahu tipsnya. Cukup menggunakan tangan Anda.

Dijelaskan Leona bahwa bagian telapak tangan, tanpa menyertai jari-jari adalah porsi ideal konsumsi daging merah selama satu hari. Ketebalannya mengikuti ketebalan telapak tangan Anda.

Sandi Pastikan Warga Tetap Bisa Beli Daging Murah Pakai KJP

Untuk daging ayam, ukurannya mulai dari telapak tangan hingga buku jari pertama. Sedangkan untuk konsumsi ikan adalah sebesar telapak tangan Anda.

"Daging merah sebesar telapak dan setebal telapak tangan, hingga buku jari pertama untuk konsumsi ayam, yang semua (dari telapak tangan hingga ujung jari) untuk ikan, per sekali makan," kata Leona kepada VIVA.co.id saat ditemui belum lama ini.

Makin Tinggi Tingkat Konsumsi Daging, Lingkungan Makin Rusak

Lalu bagaimana dengan kolesterol yang disebabkan oleh konsumsi daging? Sebenarnya, jelas Leona, selain karena lemak yang menempel pada daging, minuman pendamping makanan juga berpengaruh. Terlebih jika dibuat dengan gula tambahan.

"Kolesterol naik itu dari lemak jenuh yang menempel di daging yang putih-putih. Bisa dikurangi dengan disisihkan. Konsumsi daging sesuai porsi yang dianjurkan. Kalau di Indonesia, banyak asupan protein dan masaknya enggak terlalu bagus. Enggak ada sayur dan minumnya pakai gula tambahan," ujarnya.

Daging merah.

Konsumsi Daging Merah Ternyata Tidak Ramah Lingkungan, Mengapa?

Sisa olahan daging merah kemudian menimbulkan gas emisi.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2019