Rahasia di Balik Kelezatan Daging Wagyu Jepang

Daging wagyu Jepang.
Sumber :
  • VIVA/Ayu Utami

VIVA – Mungkin Anda sudah tidak asing dengan nama dari daging sapi satu ini yaitu 'wagyu'. Daging sapi asal Negeri Sakura Jepang ini memiliki cita rasa yang sangat lezat. 

Lezatnya Beef Bowl, Sajian Resep Spesial Restoran Jepang Yoshinoya Sejak 1899

Menurut Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia, Masafumi Ishii, yang membedakan daging wagyu Jepang, dengan daging wagyu lainnya adalah dari rasa, aroma, dan cara perawatan sapi.

"Sapi di Jepang diberikan perlakuan khusus seperti dipijat dan disikat bulunya setiap hari agar sang sapi merasa senang, dan menghasilkan daging yang luar biasa lezat," ucapnya saat ditemui VIVA dalam acara memperkenalkan Japanese Wagyu kepada Indonesia, di Jakarta, Jumat, 24 November 2017.

Cicip Ramen Khas Jepang dengan Kuah Kaldu Kaya Kolagen

Ia juga menjelaskan bahwa daging wagyu asal Jepang memiliki rasa yang berbeda yaitu lebih gurih, manis, dan akan cepat lumer ketika daging wagyu tersebut masuk ke dalam mulut. 

"Semua daging wagyu yang ada dari mana saja memiliki cita rasanya masing-masing. Namun, daging wagyu asal Jepang memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan terasa lumer di mulut ketika menyantapnya," ucapnya.

Sensasi Menikmati Steak Secondary Cuts Langka Hingga Wagyu Sumatera

Chef Kedutaan Besar Jepang, Hori Ikuo juga mengatakan bahwa daging wagyu memiliki lemak yang tidak jenuh, di mana sehat untuk dikonsumsi, dan memiliki rasa gurih. Orang-orang Jepang biasanya memilih, dan menilai kualitas daging wagyu yang baik adalah dari pola lemak daging wagyu itu.

"Daging wagyu yang baik adalah wagyu yang memiliki pola lemak seperti keramik pada dagingnya. Dan biasanya orang Jepang memakan wagyu secara tipis-tipis, karena kandungan lemak yang ada pada wagyu tersebut sudah dapat memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas," ucapnya. (art)

Sukiyaki.

Menikmati Sukiyaki dengan Cita Rasa Autentik Jepang, Unik Pakai Lelehan Permen Kapas

Sukiyaki ala ‘Kansai’ berasal dari wilayah Kansai di selatan Honshu, Jepang. Kansai-style mengadopsi metode unik di mana dagingnya dibakar terlebih dahulu.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2023