Cicipi Cokelat Bak Profesional Keren, Begini Caranya

Cokelat.
Sumber :
  • pixabay/Benkercx

VIVA – Jika ada cara tertentu yang menunjukkan seseorang ahli atau sekadar gaya-gayaan saat mencicipi wine, Anda juga bisa demikian. Barangkali saat mencicipi cokelat, jika tidak menyukai wine.

Serba-serbi Perayaan Valentine 14 Februari

Sama seperti wine atau kopi, ada cara tertentu untuk menikmati cita rasa cokelat sepenuhnya, mengenali lebih jauh cita rasa yang ada dalam camilan sejuta umat ini.

Lagi-lagi, sama seperti wine dan kopi, cokelat juga makanan yang kompleks. Faktor seperti kondisi biji kakao, nutrisi yang ada pada tanah, proses fermentasi, roasting hingga proses penyimpanan memegang peran penting dalam membentuk cita rasa cokelat.

Deretan Tradisi Aneh Valentine di Seluruh Dunia, Ada yang Bikin Melongo!

"Tidak seperti wine, kamu tidak perlu menjadi seorang profesional untuk menikmati cokelat yang enak. Semua orang dapat menilai kualitas cokelat dengan berlatih mencicipnya dengan baik. Ya, mengonsumsi lebih banyak cokelat," ujar Philippe Daue, chef chocolatier dari Godiva, produsen cokelat premium Belgia.

Lantas bagaimana cara menikmati cokelat bak profesional? Berikut tipsnya, dilansir laman The Independent, Selasa, 28 November 2017.

Mengapa Hari Valentine Sangat Identik dengan Cokelat? Ini Faktanya

Pandangi sebelum makan

Brandt Maybury, Taste Specialist dari toko cokelat Inggris, Green and Black's mengatakan, seluruh cokelat seharusnya memiliki permukaan yang mengkilat dan bebas retakan, gelembung atau bagian pucat akibat cocoa butter yang tidak tercampur sempurna.

Bersihkan mulut

Hindari minuman dengan cita rasa kuat seperti kopi atau rokok sebelum mencicipi cokelat. "Kopi atau tembakau dapat menghambat kemampuan Anda untuk mendeteksi rasa khas cokelat," kata Kiri Klenko, Chocolatier dari Hotel Chocolat.

Usap dan cium aroma cokelat

Daue menyarankan untuk mengusap cokelat dengan jari hingga empat kali untuk melepaskan aroma cokelat, kemudian coba cium aroma yang keluar. "Aroma cokelat akan membantu indera pengecap untuk mendeteksi cita rasa yang akan muncul nanti,” katanya.

Jangan langsung dihabiskan

Nikmati sedikit demi sedikit. Biarkan cokelat meleleh dalam mulut selama 5-6 detik baru kunyah. "Mulut dalam keadaan tertutup dan bernapaslah dengan hidung. Ini akan menguatkan semua indera perasa Anda saat menikmati cokelat," ucap Daue.

Bersihkan kembali mulut

Bisa dilakukan dengan mengunyah roti dan minum air putih.

Mulai dari cokelat dengan konsentrasi kakao yang  tinggi

Mulailah dengan cokelat dengan kadar kakao tinggi. Begitu saran dari Jennifer Earle, juri dalam berbagai kontes cokelat.

Simpan terlebih dulu cokelat dengan rasa yang kuat seperti pedas, mint atau kopi. Rasakan cokelat tanpa mengunyah untuk menikmati cita rasa maksimal. Cita rasa sebuah cokelat dapat berubah saat meleleh di mulut. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya