Varietas Baru, Yuk Cicipi Mangga Alpukat dan Mangga Pisang

Mangga
Sumber :
  • Pixabay/candoyi

VIVA – Dua varietas mangga unik hadir di Indonesia. Tak kalah hits dari mangga Thailand. Selain manis, mangga ini punya kemiripan dengan buah lain, yaitu alpukat dan pisang.

Manfaat Pohon Mangga yang Sangat Luar Biasa untuk Kehidupan

Adalah Avocado Mango (Mangga Gadung 21) dan Banana Mango (Mangga Agri Gardina). Dua mangga ini adalah hasil rekayasa genetik yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Pengembangan (Puslitbang) Hortikultura Kementerian Pertanian RI.

Dikutip dari laman resmi Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian RI, penamaan Avocado Mango pada varietas ini diambil dari cara menikmatinya. Mangga ini dibelah di bagian tengah dan dapat dimakan menggunakan sendok seperti alpukat. Untuk mendapatkan mangga yang dimakan seperti itu, buah harus langsung dipanen masak dari pohon.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Jantung hingga Pencernaan

Untuk varietas Banana Mango (Mangga Agri Gardina 45) atau mangga pisang, dari laman yang sama disebutkan, penamaannya juga terinspirasi dari cara mengonsumsi. Tidak memerlukan pisau, cukup dikupas layaknya makan pisang.

Ukuran mangga ini kecil dengan kulit yang terdiri dari paduan warna merah, kuning dan oranye. Daging buah mangga pun lembut, dengan cita rasanya yang manis dan aromanya harum.

10 Fakta Unik Buah Mangga yang Paling Populer di Dunia

Mangga pisang

Sedangkan untuk Avocado Mango atau mangga alpukat, secara genetik berbeda dengan Arumanis. Ukurannya lebih besar, pangkal buah lebih bulat dan kadar pati tinggi sehingga rasanya berbeda dengan Arumanis.

Sebenarnya, Avocado Mango bukan barang baru di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Mangga ini sudah dikembangkan sejak 1994 silam. Mangga tersebut sudah mendapatkan hak paten pada 2016 lalu. Sedangkan Banana Mango baru dikembangkan pada 2002 silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya