Bukan Tahu Tek, Ini Namanya Tahu Gimbal

Tahu Gimbal
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal/ Surabaya

VIVA – Namanya Tahu Gimbal. Kuliner khas Kudus dan Semarang, Jawa Tengah, itu biasanya disajikan dengan irisan lontong. Tetapi, beda jika Anda menemukan menu ini di Jawa Timur. Panganan ini mirip-mirip Tahu Tek, kuliner khas Kabupaten Lamongan.

Mantapnya Tahu Gimbal Legendaris Haji Edy Semarang, Udangnya Tebal

Di Surabaya, Tahu Gimbal bisa Anda temukan di Rumah Makan Soto Kudus Jalan Gayungsari, Kecamatan Gayungan. Sekira dua ratus meter dari Bundaran Waru di Jalan A Yani arah Kota Surabaya, berbeloklah ke arah kiri menuju Masjid Al Akbar. Pelan-pelan, rumah makanya ada di kanan jalan.

Meski di papan nama ini tertulis, Rumah Makan Soto Kudus, namun ada menu lain yang tak kalah sedap. Banyak orang bilang, rumah makan ini punya menu Tahu Gimbal yang nikmat.

Menjajal Menu Spesial Imlek di Restoran Surabaya, The G Flavours

Isinya selain lontong, ada tahu goreng, kecambah, irisan kubis, krupuk, telur ceplok, dan gimbal (penganan kenyal berbahan ikan). Semuanya ditata di dalam piring lalu dilumuri bumbu kacang manis.

Jika pada Tahu Tek bumbunya dicampur dengan petis, untuk Tahu Gimbal, bahan dasarnya bumbu kacang, ditambah kecap, lombok dan penyedap rasa. Soal rasa, baik Tahu Tek dan Tahu Gimbal didominasi rasa manis.

Sate Kelopo Ondomohen

Pemilik RM Soto Kudus, Ariadi, mengakui bahwa Tahu Gimbal bikinannya mirip dengan Tahu Tek. "Kalau Tahu Gimbal itu makanan khas Jawa Tengah, biasanya orang banyak jualan itu di Kudus dan Semarang. Bahkan ada satu jalan di Kudus, jualannya Tahu Gimbal semua," katanya saat berbincang dengan VIVA.

Tahu Gimbal, lanjut Ariadi, biasanya dijual pada malam hari, selepas Isya hingga tengah malam. "Kayak Tahu Tek, Tahu Gimbal itu bisa disebut makanan malam," ujarnya.

Rumah Makan Soto Kudus Jalan Gayungsari, Kecamatan Gayungan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya