Tips Mudik Ajak Bayi, Wajib Bawa 6 Perlengkapan Ini

Car seat bayi di mobil.
Sumber :

VIVA – Puasa sudah sampai di pertengahan bulan. Itu berarti, tak lama lagi kita akan memasuki Hari Raya Lebaran. Sebagaimana tradisi, Lebaran juga identik dengan mudik alias pulang ke kampung halaman.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Nah, jika Anda termasuk yang akan mudik, tentunya jangan sampai tertinggal mempersiapkan segala perlengkapan yang akan dibawa. Terutama bagi orangtua baru yang tahun ini akan mudik bersama bayi atau balita.

Penting bagi Anda memperhatikan apa saja perlengkapan yang menunjang kenyamanan bayi selama perjalanan. Salah satunya adalah car seat. Untuk itu, kita perlu tahu jenis car seat yang akan kita beli berdasarkan berat badan dan usia anak.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Informasi yang diterima VIVA dari rilis Mothercare Indonesia, Mothercare menyediakan beragam car seat yang disesuaikan dengan berat badan anak, di antaranya:
0-10 kg (anak umur 0 hingga 10 bulan)
0-13 kg (anak umur 0 hingga 15 bulan)
0-18 kg (anak umur 0 bulan hingga 4 tahun)
9-18 kg (anak umur 9 bulan hingga 4 tahun)

9-36 kg (anak umur 9 bulan hingga 12 tahun)

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

15-36 kg (anak umur 4 tahun hingga 12 tahun)

15-36 kg (anak umur 4 tahun hingga 12 tahun).

Penggunaan car seat ini sangat penting karena sabuk pengaman mobil tidak didesain untuk anak-anak, sehingga harus menggunakan pengaman lainnya yang tepat untuk menjaga anak tetap aman. Pemilihan car seat yang tepat juga penting agar anak 90 persen terbebas dari kemungkinan cedera fatal jika ada kecelakaan terjadi.

Selain memastikan keamanan bayi selama berkendara dengan car seat, penting juga untuk memperhatikan beberapa tips mudik berikut ini:

1. Tentukan waktu bepergian dengan bijak. Hal ini dibutuhkan untuk menyesuaikan dengan jam tidur dan makan anak. Jangan sampai di perjalanan, anak kurang istirahat dan mengalami tantrum karena kelelahan.

2. Pilihlah kereta dorong (stroller) yang tepat untuk bepergian dengan spesifikasi yang ringan, mudah dilipat, sesuaikan dengan ukuran kabin/bagasi dan paling penting sesuaikan dengan umur anak. Beberapa rekomendasi produk dari Mothercare diantaranya:
a) City tour Baby Jogger
b) Mothercare Jive
c) GB Pockit

3. Bawalah baby carrier yang tepat, dengan disesuaikan pada berat badan anak. Baby carrier biasanya memiliki muatan beban dari 3,5kg – 18 kg.

4. Persiapkan beberapa kebutuhan mandi anak dengan membawa alat mandi khusus traveling agar memudahkan saat mengganti popok atau mengganti baju anak di perjalanan.

5. Siapkan mainan kesukaan sebagai teman perjalanan, hal ini berguna untuk mengalihkan fokus anak agar tidak bosan dengan perjalanan berjam-jam.

6. Selalu berhati-hati dan tidak menunda waktu istirahat. Jika berkendara melalui darat, bisa berhenti dengan selang waktu setiap 2 jam, sehingga anak tidak terlalu capai dan merasa terpaksa melanjutkan perjalanan. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya