4 Bahaya Akibat Sembarangan Unggah Foto Anak di Medsos

Media sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Membagikan foto atau video anak di media sosial, bagi sebagian orangtua merupakan hal yang dianggap lumrah. Tahukah Anda, sebenarnya tidak semua hal yang dilakukan anak, baik untuk diunggah di media sosial. Kita perlu paham tentang rambu-rambunya, demi menjaga anak dari hal-hal yang tak diinginkan. Misalnya, cyber bullying.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Berikut beberapa peraturan yang perlu dipahami orangtua terkait membagikan foto dan video anak di media sosial, seperti dilansir dari laman The Health Site.

1. Saat mandi

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Orangtua harus berhenti mengambil foto atau video si kecil yang tengah mandi dalam keadaan setengah telanjang atau telanjang sepenuhnya. Selain norma kesopanan, foto bugil anak bisa jadi sasaran empuk bagi pelaku pedofilia. 

2. Check in lokasi

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Ke mana pun Anda bepergian dengan si kecil, sebaiknya tidak mencantumkan lokasi terkini. Hal ini bisa membuat pelaku kejahatan mudah menguntit.

3. Membuat akun media sosial si kecil

Banyak dari masyarakat saat ini yang membuat akun media sosial untuk anaknya. Padahal, profil media sosial si kecil bisa disalahgunakan sebagai akses foto porno bagi pelaku kejahatan seksual.

4. Membagikan detail si kecil

Hal ini sangat berbahaya. Mencatutkan sekolah, kelas, dan tempat bermain anak berisiko membuatnya mudah dijangkau pelaku kejahatan. Pastikan Anda tidak membagikan informasi detail tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya