5 Tips Hemat Belanja Kebutuhan Sekolah Anak

Ilustrasi Hari Pertama Sekolah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Setiap memasuki tahun ajaran baru, orangtua tidak hanya dipusingkan dengan biaya pendidikan tapi juga dana untuk perlengkapan sekolah anak. Bagi yang memiliki lebih dari satu anak, tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri karena pengeluaran bisa semakin membengkak.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Agar tidak merasa terbebani dengan pengeluaran tahunan ini, Inge Kosasih, Vice President of Marketing Shopback Indonesia, mencoba mengungkapkan beberapa cara hemat dan cermat untuk membeli perlengkapan sekolah anak melalui keterangan tertulis kepada VIVA, Selasa, 10 Juli 2018.

1. Buat dan Prioritaskan Daftar Kebutuhan yang Akan Dibeli
Sebelum memutuskan untuk membeli keperluan sekolah anak, cobalah untuk memeriksa kembali barang-barang apa saja yang dibutuhkan untuk tahun ajaran baru ini.

Pameran Sampul Manusia Mempersembahkan Cerita Unik Lewat Desain Buku

Jangan malas untuk membuat daftar kebutuhan tersebut, dan periksa kembali apakah masih ada suplai barang-barang tersebut di rumah Anda.

Yang paling utama, urutkan barang-barang tersebut mulai dari yang sangat dibutuhkan hingga yang kurang dibutuhkan anak saat sekolah nanti.

Merajut Masa Depan Lewat Buku, Kisah Sukses Anak-anak Bantar Gebang Bersama Berkarya Bercerita

2. Persiapkan Anggaran dari Jauh-jauh Hari
Pengeluaran kebutuhan sekolah anak, menjadi pengeluaran tahunan yang harus disiapkan dari jauh-jauh hari, minimal 6 bulan sebelum tahun ajaran baru dimulai. Karena biasanya pengeluaran ini cukup membuat kantong orangtua ketar-ketir.

3. Beli dengan Jumlah yang Banyak
Harga perlengkapan sekolah jika dibeli dengan kuantitas yang banyak lebih murah ketimbang membeli eceran. Namun, tentunya jika membeli terlalu banyak, Anda merasa akan terjadi pemborosan jika tidak semua barang tersebut yang digunakan. Nah, untuk menghindari hal ini, Anda bisa mengajak rekan sesama orangtua untuk membeli bersama perlengkapan sekolah anak.

4. Manfaatkan Promo Toko Baik Offline Maupun Online
Sama halnya dengan Lebaran, atau liburan akhir tahun, momen “Kembali ke Sekolah” juga sering dimanfaatkan toko-toko baik offline dan online untuk menggaet konsumen dengan memberikan beragam potongan harga dan juga promo menarik.

5. Belanja Lebih Awal
Usahakan untuk membeli perlengkapan sekolah lebih awal. Hindari untuk membeli di akhir pekan atau sehari menjelang jadwal masuk sekolah. Dengan membeli perlengkapan lebih awal, Anda memiliki waktu lebih lama untuk membandingkan harga yang termurah, sehingga Anda bisa menghemat. (je)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya