Tips Memilih Pemanis yang Aman Untuk Si Buah Hati

Ilustrasi anak sedang makan
Sumber :
  • Pixabay/vikvarga

VIVA.co.id – Bayi sebenarnya terlahir dengan lidah yang peka terhadap makanan manis, itu sebabnya bayi lebih senang melahap makanan manis. Meskipun demikian, bukan berarti untuk membuatnya doyan makan, Anda malah mengorbankan kesehatannya dengan memenuhi keinginan si bayi melahap makanan manis.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Anda bisa memberikan makanan bayi tanpa menggunakan pemanis dari gula. Misalnya, gunakan pemanis alami yang bisa memenuhi keinginannya melahap makanan manis. Berikut beberapa pemanis alami sekaligus kaya nutrisi yang akan disukai buah hati Anda. Seperti dilansir laman The Asian Parent.

Pisang

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Diperkaya dengan kandungan potasium dan rasa manis, pisang disantap buah Anda dengan cara dihancurkan. Pisang juga cocok dicampurkan dengan buah-buahan asam dan juga alpukat, serta beberapa jenis sayuran bahkan daging.

Apel

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Mencampurkan apel ke dalam puree dapat membuatnya terasa lebih manis. Mengkombinasikan saus apel buatan sendiri dengan buah-buahan asam dan sayuran seperti brokoli bisa menjadi makanan yang disukai buah hati Anda.

Pir

Selain apel, pir juga bisa menjadi pemanis alami untuk makanan buah hati Anda. Pilih pir matang lalu campurkan bersama puree. Pir juga sangat cocok dicampurkan dengan lobak.

Ubi

Sayuran serba guna ini tidak hanya bisa memuaskan keinginan buah hati Anda akan makanan manis, ubi juga bisa menjadi kudapan bebas gula untuk buah hati.

Air susu ibu

ASI memiliki rasa manis alami jadi menambahkannya ke dalam makanan padat pertama buah hati Anda akan memberinya rasa manis yang lembut serta rasa yang familiar di lidahnya.

Bubuk vanila

Menaburkan sedikit bubuk vanila pada makanan bayi akan memberikan rasa manis yang lezat. Pastikan Anda membeli bubuk vanila murni bukan variasinya yang sudah ditambahkan gula.

Wortel

Meski tidak semanis ubi, tapi wortel bisa menetralisir asam dan pahit pada makanan. Potong menjadi stik lalu panggang atau kukus wortel akan membuatnya terasa lebih manis.

Ceri

Rasa manis ceri bisa menyeimbangkan rasa asam buah dan bahkan bisa digunakan untuk membuat saus untuk daging.

Berry

Rasa manis dari buah ini yang ditambahkan pada makanan akan memperkaya rasa dan sejumlah nutrisi pada makanan buah hati Anda.

Bit

Buah Bit bisa menjadi alternatif yang baik untuk pemanis makanan bayi. Apalagi warna ungu terangnya bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak. Ditambah lagi, bit bisa menambahkan nutrisi alami pada makanan. Cobalah membuat bubur buah bit dengan apel hijau.

Buah kering tanpa pemanis

Rendam buah-buah kering ini ke dalam air hangat atau jus apel, atau Anda bisa menambahkannya ke dalam puree sayuran atau buah atau untuk pemanis kue.

Sayuran panggang

Untuk memaniskan sayuran, cobalah untuk memanggangnya. Pertama-tama, potonglah sayuran kotak-kotak dan bubuhkan sedikit minyak zaitun ke atasnya. Proses ini akan mengkaramelisasi gula alami yang ada di dalam sayuran.

Minyak kelapa

Rasa alami minyak kelapa tidak hilang ketika dimasak sehingga menjadi pemanis yang baik untuk makanan. Minyak kelapa juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk buah hati dan keluarga Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya