Bijak Hadapi Pandangan 'Aneh' pada Anak Down Syndrome

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/ Skitterphoto

VIVA.co.id – Hingga kini, stigma maupun pandangan miring pada anak down syndrome atau sindroma down memang masih banyak terjadi di masyarakat. Hal ini pun dirasakan oleh Dini Prihatini, ibu yang memiliki anak dengan sindroma down.

Begini Menjaga Keamanan saat Anak Bereksplorasi

Dini yang juga tergabung dalam Perkumpulan Orangtua Anak Dengan Down Syndrome (POTADS), menilai banyak masyarakat bahkan orangtua yang memiliki anak down syndrome pun menganggap anak dengan down syndrome tidak punya harapan apa-apa.

"Mereka sudah memasang pemikiran seperti itu sendiri kalau anak down syndrome tidak bisa apa-apa. Padahal itu salah besar, anak dengan down syndrome pun jika diberi kesempatan pasti bisa," ujarnya pada VIVA.co.id.

Manfaat Mengejutkan Anak Sering Kumpul Bareng Orang Tua

Di area publik pun tak sedikit mata yang masih memandang 'aneh' pada anak-anak down syndrome. Seperti halnya yang dialami Dini setiap kali berjalan-jalan ke mal atau tempat umum lain.

"Kalau ada yang seperti itu, saya akan ajak ngobrol, saya datangi dan menanyakan apa ada yang salah dengan anak saya. Kemudian saya jelaskan apa itu down syndrome, pada akhirnya mereka pun paham dan bilang ada saudara atau anak temannya yang juga seperti itu," ujarnya.

Terapi Anak Down Syndrome Agar Bakatnya Terasah Sempurna

Menurut Dini, dengan cara itu akan lebih banyak lagi masyarakat yang memahami down syndrome. Bagaimana pun ia tidak bisa menyalahkan pandangan salah di masyarakat, karena mungkin informasi yang mereka dapatkan juga salah.

Ilustrasi sukses.

Jangan Sampai Lupakan Orang tuamu jika Telah Sukses Kelak

Banyak anak-anak yang tumbuh dewasa dengan sukses.

img_title
VIVA.co.id
30 Agustus 2018