Kesehatan Gigi Anak Bisa Pengaruhi Asupan Gizi

Selain karena faktor genetik, struktur dan bentuk gigi dapat berubah karena adanya kebiasaan buruk.
Sumber :
  • pixabay/mojpe

VIVA.co.id – Gigi sulung merupakan gigi yang pertama kali muncul sebelum digantikan oleh gigi permanen. Meski akan digantikan, menjaga kesehatan gigi sulung merupakan hal yang patut dilakukan. Karena, kesehatan gigi sulung berpengaruh terhadap kesehatan gigi permanen.

Cara Seru Mengedukasi Si Kecil soal Kesehatan Gigi

Umumnya, anak-anak yang mengonsumsi gula terlalu berlebihan, berdampak pada gigi sulungnya yang berlubang. Padahal, kokohnya gigi sulung merupakan bagian dari kesehatan masa depan anak.

"Gigi sulung yang terjaga dengan baik, dapat mencegah terjadinya karies dan menciptakan akar gigi permanen yang baik. Karena gigi sulung tidak hanya berperan pada kesehatan gigi mulut tapi juga pada gizi anak," ujar spesialis gigi anak, drg. Felicia Melatu Sp.KGA, dalam acara Peduli Kesehatan Gigi Anak, di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa 28 Februari 2017.

Hindari Gaya Hidup Ini! Bisa Merusak dan Menimbulkan Penyakit Gigi

Kaitannya dengan gizi, lanjut Felicia, dimulai dari peran gigi untuk mengunyah serta mulut yang sehat, dapat mengonsumsi asupan yang juga sehat. "Nutrisi yang baik dan gizi tercukupi dengan terjaganya gigi sulung. Kalau gigi berlubang, membuat anak kurang nyaman untuk mengunyah makanan dan akhirnya kekurangan gizi," tuturnya.

Dilanjutkannya, masalah pada gigi dan mulut membuat 80 persen anak-anak memiliki berat badan kurang dari normalnya. Bahkan, memberikan risiko pada masalah mental dan emosionalnya yang buruk.

8 Cara Atasi dan Cegah Karies Gigi pada Anak

"Anak menjadi sulit berbicara karena kedua gigi depannya yang tergerus habis, kesulitan tidur karena merasa sakit gigi, dan bisa menjadi pemalu akibat penampilannya itu," kata dia.

Sehingga, Felicia mengingatkan adanya tindakan penanganan secara cepat sebelum gigi sulung anak berlubang. Alangkah lebih baik lagi, jika dilakukan tindakan pencegahan seperti rutin sikat gigi. (ren)

Ilustrasi anak menyikat gigi.

Anak Usia 8-11 Tahun Paling Kritis Terhadap Masalah Gigi Permanen, Ini Penyebabnya Menurut Dokter

Survei SKRT-SKN mengungkapkan bahwa penyakit gigi dan mulut menduduki urutan pertama untuk 10 penyakit yang dikeluhkan masyarakat Indonesia dengan prevalensi 61 persen.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2023