Manfaat Luar Biasa Ajak Si Kecil Sarapan Gandum Utuh

Sarapan pagi oats atau gandum
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Hampir 44,6 persen anak Indonesia masih mengonsumsi sarapan bergizi rendah. Padahal, menurut sebuah studi, konsumsi sarapan bergizi tinggi, bisa memberi performa lebih baik di sekolah pada si kecil.

Dr Zaidul Akbar Ungkap Komposisi Sarapan Sehat Agar Tak Gampang Ngantuk

Salah satu sarapan bergizi tinggi yang direkomendasikan adalah konsumsi gandum. Khususnya, gandum utuh karena bisa memenuhi kebutuhan gizi pada si kecil.

"Gandum seutuhnya, dengan hanya sedikit pembuangan pada biji gandum itu, mengandung nutrisi yang sangat banyak. Gandum utuh terbukti masih mengandung vitamin B, vitamin E, dan serat," ujar Ahli Gizi, Ece Durukan, di Modena, Kuningan, Jakarta, Selasa 21 Maret 2017.

Teh Manis dan Nasi Goreng Bukan Sarapan Ideal, Begini Anjuran Pakar

Terlebih, jika gandum dikonsumsi saat sarapan, dapat menurunkan konsumsi lemak yang terlalu banyak. Bahkan, asupan gandum saat sarapan, bisa membuat pola makan menjadi lebih seimbang.

"Konsumsi gandum saat sarapan dapat menurunkan konsumsi lemak, sodium dan kolesterol, meningkatkan asupan serat, vitamin, dan mineral, menjadi lebih aktif, dan pola makan yang seimbang," lanjutnya.

Lupakan Nasi Goreng, Ini Menu Sarapan Sehat Hanya 3 Bahan

Pola makan lebih seimbang, bisa didapatkan dengan konsumsi gandum beserta susu dan buah. Dengan pola konsumsi tersebut, si kecil dapat terhindar dari penyakit.

"Dengan gandum utuh, Anda bisa menurunkan risiko obesitas sampai 30 persen. Di Amerika, direkomendasikan 48 gram per hari atau 3 sajian gandum per hari untuk turunkan obesitas, penyakit kardiovaskular, dan diabetes tipe dua."

Timbangan berat badan.

Banyak yang Salah Kaprah Soal Diet Karbohidrat, Begini yang Benar

Konsumsi karbohidrat dan gula tetap wajib dalam menjalani proses diet. Dengan konsumsi karbohidrat dengan menu dan jadwal yang tepat, tetap bisa menurunkan berat badan.

img_title
VIVA.co.id
20 Juli 2023