Dampak Berbahaya Alergi Anak yang Tidak Tertangani

Ilustrasi alergi.
Sumber :

VIVA.co.id – Anak yang mengalami alergi tidak hanya akan berdampak pada kondisi fisiknya saja, tapi juga hampir seluruh aspek kehidupannya. Termasuk orangtua dan kehidupan keluarga anak.

5 Cara Atasi Anak Alergi di Masa Pandemi COVID-19

Ahli alergi dan imunologi anak Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(K), dampak anak-anak yang timbul alergi bisa mengalami gangguan dalam kembangnya. Jika terjadi kesalahan diagnosis, perkembangan otaknya pun bisa tidak optimal.

"Anak kalau makan ini itu jadi merah, kemudian tidak boleh makan makanan tersebut. Kaitannya, untuk tumbuh kembangnya menjadi tidak optimal," ujar Budi saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Cerita Natasha Rizki Panik saat Anak Menderita Alergi

Alergi juga bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan anak saat dewasa. Anak yang alegi, kata Budi, saat dewasa nanti berisiko lebih tinggi menderita penyakit jantung, obesitas, dan kencing manis dibandingkan anak yang tidak alergi.

Di samping dampak pada fisik, lanjut Budi, alergi juga bisa berdampak psikologis. Stres menjadi sangat rentan pada anak yang alergi, begitu pula dengan orangtuanya.

Anak Alergi Susu Sapi Rentan Terkena COVID-19, Begini Mengatasinya

"Alergi juga bisa berdampak ekonomi pada keluarga karena harus mengeluarkan biaya pengobatan. Kalau alergi timbul dia harus bolak-balik ke rumah sakit sehingga harus meninggalkan pekerjaan, akibatnya penghasilannya bisa menurun," imbuh Budi.

Ilustrasi anak menangis.

Anak Derita Alergi Susu Sapi, Nutrisi Apa yang Tepat Diberikan?

Ketahui dulu penyebabnya.

img_title
VIVA.co.id
30 Juni 2020