Pentingya Ajarkan Menabung Sampah ke Anak

Ilustrasi anak-anak
Sumber :
  • pixabay/stockpict

VIVA.co.id – Usia anak sekolah merupakan usia yang penting untuk mengajarkan kedisiplinan dalam segala hal. Termasuk membuang sampah dan menabung.

Lomba Bank Sampah yang Digelar Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Jadikan Momentum Peringatan HPSN 2024

Untuk itu, Efita Praharani selaku VP Human Capital Business Partner BNI, menuturkan penting mengedukasi anak untuk membuang sampah dan menabung dengan cara yang mudah.

"Tidak hanya dari ibu, tapi dari pelajar agar gemar menabung sampah. Jadi nanti dia tiap lihat ada sampah akan dikumpulkan dan disetorkan ke Bank Sampah. Intinya, kami ingin menggalakkan mari gemar menabung dari mulai pelajar yang dikombinasikan dengan manajemen sampah," kata Efita saat ditemui di Bank Sampah Pulo Kambing, Jakarta Timur, Sabtu, 8 April 2017.

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Gelar Lomba Bank Sampah

Dia mengatakan, selain bisa menambah saku untuk si anak, membiasakan dua hal tersebut sejak dini juga akan menjadi budaya yang akan terus melekat hingga dewasa.

"Nah, jadi bagaimana manajemen sampah itu bisa bergulir di seluruh masyarakat Jakarta bagaimana sampah bisa menghasilkan uang, jadi semua rakyat dengan sampah dia bisa menambah tabungan mereka," katanya.

Kemenparekraf Wujudkan Desa Wisata Berseri, Sandiaga Uno: Semoga Tingkatkan Minat Wisatawan

Untuk mekanismenya terbilang mudah. Tiap siswa hanya perlu memilih sampah, yang kemudian disetorkan dan ditimbang. Sampah tersebut kemudian dicatatkan untuk dikonversikan ke dalam rupiah sesuai dengan jenis dan bobot sampah.

Saat ini, BNI telah menggandeng sekitar 10 sekolah di wilayah Jakarta Timur, untuk terus mengawal dan membiasakan anak membuang sampah pada tempatnya. (ase)

Desa Kelawi yang terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan

Mengenal Kelawi, Pemenang Desa BRILiaN Hijau Berkat Inovasi Berkelanjutan

Dengan berbagai pengembangan potensi dan inovasi, Desa Kelawi dianugerahi penghargaan sebagai Desa BRILiaN Hijau 2023. Potensi wisata itu pun dimaksimalkan oleh masyaraka

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2024