Rahasia Donita Mendidik Anak Agar Tak Jadi Penakut

Adi Nugroho dan Donita
Sumber :
  • VIVA.co.id/Shalli Syartiqa

VIVA.co.id – Sebagai seorang ibu baru, pemain film Donita, memiliki cara sendiri dalam merawat tumbuh kembang sang anak. Ibu dari Athariz Aliarizqi Svarga Nugroho, mengungkapkan pentingnya peran orangtua untuk berani melepaskan si kecil bereksplorasi.

Cara Unik Donita Ajarkan Anak Berpuasa, Pakai Itung-itungan Tiket ke Surga

“Ketika memasuki usia satu tahun hingga sekarang, Svarga memiliki rasa ingin tahu yang besar. Sebagai orangtua baru, saya dan suami belajar memperbolehkan Svarga bereksplorasi," ungkap Donita kepada VIVA.co.id.

Dia melanjutkan, bahwa sebagai seorang ibu, masih banyak kekhawatiran dan ketakutan yang dialaminya.

Cerita Donita Panik Anak Kejang karena Demam

"Kekhawatiran kami perlahan hilang karena kami yakin telah memberikan perlindungan maksimal melalui asupan nutrisinya, stimulasi dan juga kasih sayang," kata dia.

Di samping itu, dia juga mengungkapkan, selalu menghindari melarang anak dengan mengucapkan kata jangan. Sebagai pengganti, dia lebih memilih kata-kata yang lebih mendukung anak untuk berksplorasi.

5 Artis Indonesia Punya Fobia Unik dan Tak Biasa, Takut Kerupuk hingga Ambulans

"Ketakutan itu yang menjadikan Svarga jadi penakut, kaya misal, dia minta sesuatu tapi kita larang, nanti takutnya Svarga yang enggak takut karena ketakutan kita jadi takut. Aku enggak mau itu terjadi sama Svarga, makanya aku selalu mengatakan 'Iya Boleh' ke Svarga," tambah dia.

Menurut dia, ketika melarang, dan mengatakan jangan pada anak, hal itu justru membuat anak semakin penasaran, dan membuat anak mengeksplorasi sesuatu di luar pengawasan.

"Akhirnya anak lengah dari pengawasan. Makanya aku cari kata pengganti lain untuk berkata jangan. Jadi menurutku aku ini saatnya aku bilang iya boleh,"

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya