Waspada, Sabun Antibakteri Picu Iritasi pada Kulit Bayi

Ilustrasi popok bayi
Sumber :
  • pixabay/Ajale

VIVA.co.id – Menjaga dan melindungi kesehatan kulit buah hati ternyata susah-susah gampang. Itu lantaran kulit pada anak khususnya bayi sangatlah sensitif.

Manfaat Ekstrak Daun Teh pada Kulit Bayi, Cegah Gatal hingga Radang

Menurut dokter Lula Kamal mengatakan bahwa kulit pada bayi yang baru lahir masih membutuhkan adaptasi yang lebih terhadap lingkungan. Maka dari itu kita perlu berhati-hati dalam memilih produk bayi yang aman.

“Teliti dahulu dalam melihat bahan kimia apa saja yang terdapat pada produk bayi tersebut. Apakah aman untuk digunakan pada bayi atau tidak karena kulit pada bayi itu masih sangat sensitif dan butuh adaptasi," ujar Lula Kamal saat acara Talk Show Sleek Baby pada acara Mother & Baby Fair 2017 di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu, 28 April 2017.

VIDEO: Begini Cara Kerja Daun Bungkus Papua Perbesar Mr P

Dia menuturkan bahwa mahalnya suatu produk bayi juga belum tentu menjadi jaminan akan aman untuk si buah hati. Bila dicontohkan ada beberapa produk utama yang dipakai oleh bayi, seperti sabun.

Beberapa ibu lebih memilih sabun cair dari pada sabun batangan. Sebenarnya hal tersebut bukan menjadi masalah, namun hal yang perlu kita perhatikan adalah label bahan yang digunakan untuk sabun tersebut.

Jangan Asal Oleskan Minyak Telon Pada Bayi, Ini Saran Dokter

Hindari pemakaian sabun antibakteri pada bayi dan bahan aktif triclosan. Sebab bahan tersebut cenderung membuat kulit bayi Anda menjadi iritasi.

"Bagi para ibu sebaiknya perhatikan bahan sabun untuk anak Anda. Beberapa bahan seperti sabun antibakteri dan triclosan cenderung membuat kulit menjadi iritasi," ucapnya.

Ilustrasi mandi dengan sabun antiseptik

Bahaya Mandi Terlalu Lama Picu Kulit Kering dan Iritasi

Kendati begitu, tak sedikit yang terlalu lama mandi dan berendam dengan bahaya yang mengintai tanpa disadari.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2022