Perhatikan Hal Ini Ketika Gunakan Car Seat Bayi saat Mudik

Car seat bayi di mobil.
Sumber :

VIVA.co.id – Mudik dengan membawa mobil pribadi bersama seluruh anggota keluarga, sungguh menyenangkan. Namun, ketika membawa si kecil mudik, agar tetap nyaman, sebaiknya sediakan car Seat.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Selain membuat si kecil nyaman, pemakaian car seat sangat berguna untuk menjaga keamanan si kecil di perjalanan. Meski aman, namun terkadang banyak orangtua yang mengabaikan kebersihan car seat si kecil, misalnya dari tumpahan makanan.

Padahal, kebersihan dari car seat adalah salah satu yang paling penting. Sebab, paparan car seat yang kotor, memicu berkumpulnya kuman yang akhirnya menimbulkan penyakit.

Pasang Kursi Bayi di Mobil, Ini Cara yang Benar

Untuk membersihkan car seat, tidak membutuhkan cara yang sulit. Menurut Mothercare Baby Expert, Dewi Nopiyanti, pencuciannya cukup dengan sabun cuci tangan.

"Car seat itu dibersihkan dengan handwash aja, karena pemakaian sabun detergen tidak aman untuk bayi," ujar Dewin kepada VIVA.co.id.

Sayang Anak, Cara Ini Penting Dilakukan Saat Bepergian

Selain itu, hindari juga pemakaian suhu panas, atau dicuci secara kering (dryclean). Sebab, bisa memicu karet pada area sandaran bayi menjadi melar.

"Sebaiknya direndam, tetapi jangan dengan air suhu panas, karena bisa jadi melar. Atau, pilih mode mesin cuci yang di-spin, atau yang diangin-anginkan," kata dia.

Dewin juga merekomendasikan penggunaan seatbelt liner, saat si kecil sedang konsumsi makanan di atas car seat. Penggunaan seatbelt liner tersebut, bisa meminimalisir noda kotor berlebihan.

"Biar tidak terlalu sering terpapar noda kotor, saat anak makan, pakaikan seatbelt liner. Jadi, kotoran makanannya hanya di area seatbelt aja. Selebihnya, tidak perlu dicuci terlalu sering," jelasnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya