Usia Berapa Si Kecil Boleh Main Gadget?

Anak-anak bermain gadget tablet smartphone.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Gadget kini sudah menjadi kebutuhan semua orang. Tak terkecuali pada anak-anak. Namun, kapankah waktu tepat mengizinkan si kecil bermain gadget?

Bunda, Ini Cara Kenali Kondisi Anak Kecanduan Gadget

Dilansir laman Star2, menurut seorang guru, Claudia Lampert, anak-anak yang berusia terlalu muda, masih terlalu dini dikenalkan dengan gadget. Sebab, mereka belum memahami fungsi gadget itu sendiri.

Sama halnya dengan yang dituturkan media coach, Kristin Langer, bahwa orangtua harus memberikan tahapan secara perlahan dalam mengenalkan gadget pada anak.

Terlalu Sering Main Gadget Picu Perubahan Perilaku Anak

"Untuk memahami fungsi gadget dan belajar melindungi dirinya dari internet, remaja membutuhkan waktu dan dukungan dari orangtua," paparnya.

Kristin merekomendasikan bahwa usia sembilan tahun sudah dapat diberikan telepon genggam namun tanpa akses internet. Kemudian, gadget pribadi untuk si kecil, dengan akses internet, bisa diberikan pada usia anak 11 tahun.

Miris, 100 Anak dan Remaja Masuk RSJ Karena Kecanduan Gadget

Jika si kecil ingin meminjam dan menggunakan gadget milik orangtua, harus berada di bawah pengawasan. Saat si kecil menggunakan gadget, orangtua tidak hanya duduk di samping, namun juga aktif bertanya pada anak.

"Orangtua yang menemani anak bermain gadget, tidak hanya duduk tapi juga harus melihat dan bertanya apa yang sedang anak lakukan. Orangtua harus mampu mengontrol apa yang anak lakukan," ujar ahli konseling pendidikan, Ulric Ritzer-Sachs, di kesempatan yang sama.

Anak-anak bermain gadget

3 Cara Batasi Anak Main Gadget Agar Tak Kecanduan

Dengan paparan gadget atau gawai yang ada di mana-mana, mengatur screen time atau waktu paparan layar gadget anak bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua.

img_title
VIVA.co.id
8 November 2021