Sering Dianggap Sepele, Pilek Anak Bisa Berujung Fatal

Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA kerap kali diderita anak-anak.
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Anak-anak kerap kali terserang beberapa penyakit karena sistem imunnya yang masih rendah. beberapa kasus yang terjadi bahkan bisa memicu infeksi tenggorokan yang berakibat fatal.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA kerap kali diderita anak-anak. Penyakit ini sangat mudah menyerang, karena virus dan bakterinya mudah menyebar melalui udara.

"Penularan penyakit ISPA dapat terjadi melalui udara yang telah tercemar virus atau bakteri, bibit penyakit masuk kedalam tubuh melalui pernapasan, oleh karena itu maka penyakit ISPA ini termasuk golongan Air Borne Disease," ujar Spesialis Paru, dr. Ni Nyoman Priantini SpP., kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Sakit Perut Terkait COVID-19, Begini Cara Mengetahuinya

ISPA dapat ditularkan melalui air ludah, darah, bersin, udara pernapasan yang mengandung kuman yang terhirup oleh orang sehat ke saluran pernapasannya. Virus dan bakteri penyebar ISPA sendiri, sebenarnya mudah ditemui. Sebab, beberapa penyakit dapat memicu ISPA bila tidak ditangani dengan tepat.

"Adenovirus salah satunya. Virus ini memicu gangguan pernapasan seperti pilek. Bila tidak ditangani dapat berujung pada bronkitis, dan pneumonia," imbuhnya.

Perbedaan Gejala Antara COVID-19, Demam Berdarah, Flu dan Pilek

Selain itu, jenis Rhinovirus seringnya menyebabkan pilek. Tapi pada anak kecil dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah, pilek biasa bisa berubah menjadi ISPA pada tahap yang serius. Hal ini yang sering dianggap sepele oleh para orangtua.

"Pneumokokus menyebabkan penyakit meningitis. Bakteri ini juga bisa memicu gangguan pernapasan lain jika tidak ditangani, seperti halnya pneumonia. Komplikasi ISPA yang tidak ditangani dengan tepat, dapat berakibat fatal pada fungsi pernapasan anak," lanjut Priantini. (ren)

Ilustrasi anak menabung.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Memahami atau memiliki kecakapan dalam hal literasi keuangan merupakan salah satu kunci penting agar dapat membuat keputusan keuangan yang tepat dan tidak boros. 

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022