Air Kolam Renang Bisa Jadi Pemicu Diare Anak

Olahraga yang patut dicoba si kecil mencakup berenang, lari, dan bersepeda.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kolam renang biasanya menjadi tempat si kecil untuk bersenang-senang. Namun, tanpa disadari, kolam renang juga bisa menjadi tempat penyebar kuman yang pemicu diare pada si kecil.

Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia, Sekali Makan Bikin Muntah Hingga Diare Berdarah

Dilansir dari laman Star2, infeksi cryptosporidium disebabkan oleh adanya kuman yang menyebar melalui air minum, atau tempat rekreasi air, salah satunya kolam renang. Kuman tersebut bisa masuk ke tubuh dan menyerang sistem pencernaan, sehingga memicu diare.

"Infeksi ini disebarkan dari orang yang juga telah terjangkiti kuman crypto. Meski seseorang itu telah sembuh dari gejala infeksi, biasanya kuman crypto baru akan benar-benar hilang, setelah dua minggu pascadiare mereda," ujar Spesialis Anak, dr. Nipunie Rajapakse.

Terpopuler: Ramalan Zodiak Taurus Hari ini, hingga Gejala Bahaya Diare

Kuman cryptosporidium adalah jenis paling sering yang memicu diare. Kuman ini sangat sulit dibasmi oleh klorin dan dapat bertahan hidup di air selama sepuluh hari lamanya.

Menurutnya, salah satu cara mencegahnya, yaitu dengan menghindari air kolam yang tanpa sengaja tertelan oleh anak saat asyik bermain air. Selain itu, usai berenang, jangan lupa mandi dengan bersih.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

"Membasuh tubuh sebelum dan sesudah berenang, dapat membantu menghilangkan kuman yang menempel di tubuh, yang mungkin saja sudah mengkontaminasi air," paparnya. (asp)

Ilustrasi tenggelam

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Seorang bocah perempuan berinisial S berusia enam tahun tewas tenggelam ketika berenang di kolam renang yang berlokasi di kawasan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024