Efek Positif Sentuhan Ibu pada Anak Berkebutuhan Khusus

Ilustrasi ibu dan anak bermain
Sumber :
  • Pixabay/ golso

VIVA.co.id – Sentuhan ibu seperti pelukan, ciuman, dan belaian diketahui memberikan manfaat luar biasa pada buah hati. Tak hanya memberikan efek luar biasa pada perkembangan anak, sentuhan juga bisa merekatkan ikatan ibu dan anak.

Thariq dan Aaliyah Tak Kunjung Klarifikasi, Geni Faruk: Jodoh di Tangan Allah

Menurut konsultan dari Lembaga Pengembangan Diri dan Komunitas Kemuning Kembar, Anggiastri Hanantyasari Utami, sentuhan ibu atau kasih sayang dari kedua orangtua berpengaruh pada bagaimana anak di masa depannya.

"Sentuhan ibu maupun kasih sayang yang diberikan kedua orangtua terhadap anak, akan membentuk anak-anak ini menjadi pribadi seperti apa nantinya," kata Anggi saat jumpa pers #SentuhanIbu di Jakarta, Senin, 28 Agustus 2017.

Siti Atikoh: Pola Mendidik Anak Harus Sesuai Perkembangan Zaman

Begitu besarnya pengaruh sentuhan ibu ini juga sudah disaksikan sendiri oleh Anggi. Melalui program pembekalan yang bertajuk #SentuhanIbu, Anggi melihat perubahan sangat besar terjadi pada anak setelah mendapat sentuhan ibu.

Terutama bagi anak-anak berkebutuhan khusus, sentuhan ibu bisa memberikan perubahan signifikan pada sikap anak.

Terungkap, Begini Cara Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Mendidik Anak-anaknya

"Yang tadinya tertutup, tidak mau bergaul, ketika ibu memberikan ruang, proses untuk berkembang, dan kasih sayang kepada anak, perkembangan mereka jadi jauh lebih maksimal," kata Anggi.

Gen Halilintar

Geni Faruk Ungkap Cara Mendidik 11 Anaknya Berdasarkan Masing-Masing Usia

Geni Faruk, ibu dari keluarga Gen Halilintar dikenal tak hanya sebagai figur publik di dunia hiburan, tapi juga sebagai sosok ibu yang bijak dalam mendidik anak-anaknya.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2023