Pemberian ASI Eksklusif Bikin Anak Makin Percaya Diri

Ilustrasi ibu menyusui
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pemberian ASI atau air susu ibu secara eksklusif dilakukan selama enam bulan. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, ASI eksklusif juga penting untuk meningkatkan bonding atau kelekatan ibu dan anak.

Makan Sambal Picu ASI Jadi Pedas dan Bayi Diare? Ini Faktanya

Menurut dokter spesialis anak dan konsultan tumbuh kembang anak, Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K), pemberian nutrisi sebaik mungkin adalah diberikan langsung oleh ibu dan tidak menggunakan metode pemberian ASI lainnya.

"Ini baik untuk kedekatan atau bonding ibu dengan bayi," kata Rini, Selasa, 28 Agustus 2017.

Viral Wanita Menyusui Kucing di Pesawat, Kok Bisa?

Terlebih, lanjut Rini, pada bayi yang membutuhkan bonding lebih dekat seperti pada bayi lahir prematur. Dengan ASI yang diberikan langsung, kelekatan itu terpenuhi oleh anak.

"Dengan bonding yang baik, anak akan memiliki percaya diri yang baik," ujar Rini.

Cerita Uung Victoria Finky, Jadi Pendamping Ibu Menyusui

Anak akan tetap merasa percaya diri meskipun tidak ada ibu di depan matanya atau jauh dari ibunya. Hal ini dikarenakan kedekatan yang sudah terbina sejak dalam kandungan.

Pemberian ASI eksklusif ini pada ibu bekerja, kata Rini, seharusnya dapat didukung dengan pemberian cuti hamil dan melahirkan selama enam bulan. Terutama bagi bayi prematur atau yang mengalami perawatan lama di rumah sakit.

Kanker payudara

Kenali 5 Tanda Kanker Payudara, Perempuan Sering Mengabaikan

Seiring bertambahnya usia, kemungkinan kanker payudara meningkat, dan seseorang mungkin tidak menunjukkan gejala yang mencolok.

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2022