Bahaya Susu Sapi pada Bayi di Bawah Usia 1 Tahun

Ilustrasi anak minum susu
Sumber :
  • Pixabay/Candice_Rose

VIVA.co.id – Memberikan susu sapi dalam bentuk formula untuk bayi seringkali dilakukan sejumlah ibu. Namun tahukah Anda, susu sapi yang diberikan untuk bayi di bawah usia satu tahun bisa memberikan dampak bahaya?

Lolly Ngaku Bakal Berkarier di Indonesia, Ingin Buat Nikita Mirzani Bangga

Dilansir laman The Health Site, susu sapi yang diberikan pada anak berusia di bawah satu tahun rentan meningkatkan risiko alergi. Bahkan yang lebih berbahaya, bisa mengganggu sistem pernafasan dan pencernaannya.

Seperti diketahui bayi usia di bawah satu tahun, tubuhnya belum mampu mentoleransi protein dalam susu, tidak menutup kemungkinan alergi tumbuh di sistem pernafasan dan pencernaan anak.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Menurut para peneliti, anak di bawah satu tahun yang kekurangan asupan ASI, akan membutuhkan nutrisi tambahan dari makanan lain. Namun, pemberian susu sapi formula dirasa kurang tepat, karena kandungannya yang rendah zat besi sehingga berisiko memicu anemia.

"Susu sapi dikaitkan dengan usia, di mana seharusnya tidak diberikan pada anak di bawah usia satu tahun. Sebab, susu sapi akan sulit diserap oleh ginjal anak yang belum matang dan sistem pencernaan lain," ujar ahli gizi, Nandan Joshi.

Terungkap, Motif Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak di Palembang

Dari catatan Rapid Survey on Children (RSOC), 42 persen bayi yang tidak mendapatkan ASI, akan diberikan susu sapi atau jenis susu lainnya. Kondisi tersebut ternyata berkaitan dengan meningkatnya kasus alergi.

"Alergi semakin meningkat di seluruh dunia. Insiden ini semakin meningkat di negara-negara berkembang. Alergi susu menjadi jenis alergi yang paling sering terjadi pada anak," ujar konsultan gastroenterologist anak, Lalit Bharadia.

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Nilai Kelakuan Lolly Semakin Memperburuk Keadaan

Artis kontroversial Nikita Mirzani kembali melontarkan komentar pedasnya, terhadap hidup putri sulungnya yang di nilai semakin hari semakin memperburuk keadaan

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024