Waspada Penyakit Kawasaki yang Rentan Serang Balita

Ilustrasi balita aktif bergerak
Sumber :
  • Pixabay/techlec

VIVA.co.id – Penyakit Kawasaki merupakan penyakit yang menyerang kulit, mulut, dan kelenjar getah bening. Dilansir laman kidshelath.org, penyakit ini sangat sering menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Moana Sakit, Ria Ricis dan Teuku Ryan Kompak Menjaga

Penyebabnya masih belum diketahui hingga sekarang, tapi jika gejala penyakit Kawasaki bisa dikenali lebih awal, anak yang terkena penyakit ini bisa benar-benar sembuh hanya dalam beberapa hari. Tapi jika tidak tertangani, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi serius yang bisa mempengaruhi jantung.

Penyakit Kawasaki paling sering menyerang anak-anak keturunan Jepang dan Korea, tapi tidak menutup kemungkinan penyakit ini bisa menyerang semua kelompok etnis.

Inara Rusli Nangis, Kecewa Virgoun Tak Bawa Kedua Anaknya yang Sakit ke RS

Penyakit ini pun tidak bisa dicegah, tapi biasanya ada gejala yang bisa dikenali dan tanda-tanda yang muncul dalam beberapa tahapan. Tahapan awal, yang bisa muncul selama dua minggu, biasanya berupa demam yang berlangsung setidaknya lima hari.

Gejala lainnya meliputi:

Inara Rusli Kabarkan Dua Anaknya Masuk RS, Virgoun Datang Menjenguk

1. Kemerahan parah di mata
2. Ruam di perut, dada, dan alat vital
3. Bibir yang merah, kering, dan pecah-pecah
4. Lidah bengkak dengan lapisan putih dan benjolan merah besar (biasa disebut 'lidah strawberry')
5. Tenggorokan radang dan iritasi
6. Telapak tangan dan kaki bengkak dengan warna ungu-merah
7. Pembengkakan kelenjar getah bening

Selama tahapan kedua, yang biasanya dimulai dalam dua minggu dari saat demam muncul, kulit tangan dan kaki mulai mengelupas dalam kepingan-kepingan besar. Kondisi ini bahkan bisa terjadi pada anak-anak yang sudah diobati. Anak yang terkena penyakit Kawasaki juga bisa mengalami nyeri sendi, diare, muntah, dan sakit perut.

Ilustrasi anak sakit.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Kondisi kesehatan anak merupakan hal yang sangat penting bagi para orang tua. Apalagi, belakangan ini para ibu sering dibuat khawatir dengan tingginya tren kasus ISPA.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024