Orangtua Perlu Tahu Faktor Pendukung Kesuksesan Anak

ilustrasi foto anak
Sumber :

VIVA – Setiap orangtua menginginkan yang terbaik untuk anak. Mereka ingin melihat anaknya tumbuh menjadi orang sukses di masa depan.

7 Tips Membesarkan Anak Menjadi Orang Sukses

Untuk mengantarkan anak sampai ke gerbang kesuksesan, menurut Tara de Thouars, psikolog anak dan keluarga, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu kognitif, kepribadian, dan minat. Ketiga hal ini harus menjadi perhatian dalam mengembangkan potensi anak.

"Ada tiga faktor yang membuat anak gemilang. Pertama kognitif yang berhubungan dengan daya pikir. Kedua, kepribadian adalah dia punya daya juang dan motivasi tinggi untuk mencapai potensi. Ketiga adalah minat, dia punya kegiatan yang disukai atau tidak," kata Tara, saat diskusi Gemilang Anak Indonesia bersama Indomilk di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa 12 Desember 2017.

Cari Tahu Kelebihan Menjadi Anak Tengah

Beberapa upaya yang dapat orangtua lakukan dalam menjaga tiga faktor keberhasilan anak ini adalah memberikan gizi seimbang serta dukungan secara mental.

"Kalau orangtua tidak memberikan gizi seimbang maka perkembangan kognitif dan kepribadian juga tidak meningkat. Kemudian, kalau tidak ada dukungan, anak enggak percaya diri, enggak berkembang minatnya, kalau punya keinginan tapi orangtua enggak bantu maka minatnya akan sia-sia," ujar dia.

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Dijelaskan Tara, ciri-ciri anak yang sehat adalah mereka yang dapat melakukan kegiatan seperti anak-anak pada umumnya seperti bermain, bereksplorasi, baik fisik maupun emosional.

"Karena saat fisik dan mental berkembang, potensi seutuhnya juga akan keluar. Ini enggak bisa muncul oleh usaha anak sendiri, tetapi juga didukung oleh orangtua dan lingkungan sekitar," tutur Tara.
    

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya