Kapan Waktu Tepat Kenalkan Gula pada Anak?

Ilustrasi permen.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Setiap orang pastinya ingin memberikan yang terbaik kepada buah hatinya, salah satunya adalah asupan gizi yang terbaik. Terlebih ketika sang buah hati masih berusia balita. 

Benjol di Kepala Anak, Perhatikan! Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

Sebagai orang tua yang baik pasti lebih memperhatikan dengan detail apa yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi sang buah hati. 

Ketika sang buah hati mulai tumbuh berkembang, mungkin Anda mulai bertanya kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan rasa manis atau gula kepada sang buah hati.

Polusi Udara Masih Memburuk, Pakar Waspadai Risiko Alergi Meningkat pada Anak

Menurut pakar gizi, Emilia E. Achmadi MS., RDN tidak ada waktu yang tepat untuk memperkenalkan gula kepada anak, namun sebaiknya menundanya saja. 

"Gula itu memiliki efek ketagihan untuk siapa saja yang memakannya. Kami saja dikasih gula doyan, gimana anak-anak? Terutama jika masih kecil. Takutnya mereka bisa kecanduan gula dan enggak mau makan makanan lain," ucapnya saat ditemui VIVA di Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.

Anak Anemia Rentan Dirundung Gegara Lemot, Bahaya Depresi Mengintai

Lalu, Emilia menyarankan, untuk orang tua yang ingin mulai memperkenalkan makanan manis atau makanan yang mengandung gula, sebaiknya menunggu sampai pola makan anak stabil, dan sudah tidak memilih-milih makanan lagi. 

"Tapi kalau mau kasih yang manis, ya kasih buah-buahan. Banyak buah yang mengandung rasa manis, lebih sehat juga dibandingkan permen atau kue dengan kadar gula yang kita saja enggak tahu berapa banyak," ucapnya.

Ilustrasi cuaca panas

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Panas ekstrem menimbulkan risiko kesehatan bagi semua orang dan ini merupakan tantangan tersendiri untuk anak-anak yang senang berada di luar ruangan pada musim panas.

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2023