Cara Menpar Genjot Wisatawan Asing Sambangi RI

Menpar Arief Yahya
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Kementerian Pariwisata lewat branding Wonderful Indonesia ambil bagian di ajang Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Fair, yang digelar 16 Maret sampai 1 April 2018. Event ini diselenggarakan di tiga kota, yaitu Kuala Lumpur, Perak, dan Penang (Malaysia).

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mendukung kehadiran Wonderful Indonesia dan kapal Phinisi-nya di MATTA Fair 2018. Menurutnya, “menjual” Indonesia melalui produk pariwisata, dapat mendorong percepatan bisnis di sektor pariwisata. Momentumnya tepat karena massifnya branding Wonderful Indonesia di luar negeri.

“Kita bersama semua stakeholder pariwisata, telah sepakat untuk menjadikan tahun 2018 sebagai tahun kunjungan wisatawan mancanegara dengan label Visit Wonderful Indonesia 2018. Dengan harapan, tahun 2018 bisa menjadi tahun yang baik bagi pariwisata dan bisa mencapai target 17 juta kunjungan wisman,” katanya melalui keterangan tertulisnya kepada VIVA, Kamis, 15 Maret 2018.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Arief Yahya yakin akan bertambahnya wisatawan asing yang berkunjung ke Tanah Air dengan bergulirnya ajang Asian Games tahun ini.

“Terlebih, tahun 2018 mendatang akan ada dua agenda besar yakni pagelaran Asian Games 2018 yang dipusatkan di Jakarta dan Palembang, serta Annual Meeting IMF-World Bank di Bali. Dua event ini bisa kita jadikan momentum untuk mendulang wisman ke Indonesia,” ujar Arief Yahya.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Menpar, Arief Yahya melihat potensi tinggi dari Pantai Tanjung Lesun

Sementara itu menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, keikutsertaan Indonesia pada event ini juga untuk mempromosikan pariwisata. Sekaligus, mempertahankan eksistensi pariwisata Indonesia di dunia, khususnya market Malaysia.

“Partisipasi pada event tahunan ini, merupakan salah satu upaya untuk melanjutkan program promosi Wonderful Indonesia. Saat ini, promosi lebih berfokus pada hardselling,” tutur Pitana.

Dijelaskan Pitana, MATTA Fair merupakan tempat yang sangat potensial untuk melanjutkan program promosi Kementerian Pariwisata.

“MATTA Fair 2018 adalah momentum yang paling potensial. Terutama untuk menjaring lebih banyak wisatawan mancanegara ke Indonesia. Khususnya wisman dari Malaysia,” ujar Pitana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya