Pengalaman Unik Main ke Peternakan di Selandia Baru

Seekor llama di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.
Sumber :
  • VIVA/Tasya Paramitha

VIVA –Sebagai negara penghasil daging domba maupun sapi berkualitas tinggi, Selandia Baru punya banyak sekali peternakan yang tersebar di seluruh wilayahnya, baik di Pulau Utara maupun Selatan.

5 Negara dengan Persentase Jutawan Tertinggi di Dunia

Saking banyaknya, tak heran jika ada peternakan-peternakan yang sekaligus dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga yang tak hanya edukatif, namun juga menghibur. Beruntung, VIVA sempat mampir ke salah satu peternakan besar yang populer di Rotorua saat berkunjung ke sana, dalam rangka memenuhi undangan dari Tourism New Zealand (TNZ) baru-baru ini. Namanya Agrodome.

Domba-domba di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.

Guru Besar UI Kritik Selandia Baru Tak Peduli soal Pilot Susi Air: Aneh, Apakah Wajar?

Berdiri di lahan seluas 350 hektare, 10 menit dari pusat Kota Rotorua, agrodome terkenal di kalangan wisatawan lokal dan internasional karena menawarkan pengalaman unik berkunjung ke peternakan. Hal itu diungkapkan oleh Annie Clare, Director South & South East Asia di perusahaan pengelola Agrodome, Ngai Tahu Tourism.

"Di sini yang paling populer adalah farm show kami, di mana kami memperkenalkan berbagai jenis domba di Selandia Baru dan dunia kepada para pengunjung dengan cara yang interaktif dan menghibur," ucap Annie saat menemani kami berjalan-jalan di Agrodome.

TNI Sebut Selandia Baru Serahkan Pembebasan Pilot Susi Air ke Indonesia

Domba-domba di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.

Memang pertunjukan tersebut betul-betul menghibur. Sang pembawa acara akan memperkenalkan 19 jenis domba sambil memanggilnya satu per satu ke atas panggung. Domba-domba berukuran besar dan berbulu super tebal pun berlarian heboh ke tempatnya masing-masing. Domba-domba tadi tak sendirian. Mereka juga ditemani beberapa ekor anjing penggembala yang sudah terlatih untuk menggiring domba-domba.

Setelah puas menonton pertunjukan tadi, kami diajak masuk ke tempat khusus domba-domba yang masih bayi. Ada juga anak bebek yang masih sangat kecil, berlarian ke sana ke mari. Domba-domba di sini memang diternak untuk diambil susu dan bulunya, serta ada juga yang untuk disembelih dan diekspor ke negara-negara lain.

Sapi-sapi di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.

Annie juga mengajak kami mengikuti far tour alias tur keliling peternakan, untuk melihat deretan hewan-hewan ternak yang ada di sana, mulai dari sapi, domba, kambing, ilama, babi, bebek, ayam kalkun, keledai, kuda dan masih banyak lagi. Kami menaiki kereta yang ditarik dengan traktor bersama pengunjung-pengunjung lain, yang banyak anak-anak.

Baca: Wow, Populasi Domba Selandia Baru Lebih Banyak dari Manusia

Domba-domba di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.

Domba-domba di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.

Domba-domba di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.

Kami juga diberi kesempatan untuk berhenti di tiap spot yang terdapat banyak hewan ternak, untuk memberi mereka makan. Meski mereka bisa mencari dan memakan rumput-rumput yang ada di seluruh lahan peternakan, namun hewan-hewan ternak di sini juga mengonsumsi pellet yang mengandung berbagai nutrisi penting bagi kesehatan mereka.

Rusa di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.

Llama dan domba di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.

Babi di Agrodome, Rotorua, Selandia Baru.

Di peternakan ini juga terdapat perkebunan anggur dan bunga manuka. Bunga manuka sendiri merupakan salah satu tanaman paling terkenal di Negeri Kiwi. Madu manuka, oleh-oleh khas Selandia Baru merupakan madu dari bunga manuka tadi.

Bagi yang ingin berkunjung ke Agrodome jika suatu hari berkesempatan datang ke Rotorua, harga tiket masuknya bervariasi. Anda bisa melihat harga tiket dan informasi selengkapnya di situs resminya, www.agrodome.co.nz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya