Tren Global: Berobat Sembari Pesiar

Pariwisata medis
Sumber :
  • Medical-supplies.com

VIVAlife - Ingin berlibur namun terhalang penyakit yang membutuhkan penanganan khusus seperti operasi? Anda kini bisa berlibur dan menjalani pengobatan sekaligus. Pariwisata medis sedang naik daun di seluruh dunia.

Sejak 15 hingga 10 tahun terakhir, jumlah wisatawan medis dari seluruh dunia ke beberapa negara tujuan wisata medis meningkat pesat. Ini karena  meningkatnya kesadaran bahwa tidak ada satu negara yang memonopoli perawatan kesehatan. Perawatan yang murah tak selalu berarti berkualitas buruk.

"Pariwisata medis tumbuh secara signifikan dalam 10-15 tahun terakhir terutama di negara berkembang," ungkap Profesor dari Universitas Harvard Glenn Cohen, dikutip dari CNN.

Cohen menyebut, pendapatan dari pariwisata medis ternyata sangat mengejutkan. Menurut World Travel & Tourism Council (WTTC), pariwisata medis menyumbang 9 persen dari GDP global, lebih dari US$6 triliun dan menyumbang 255 juta pekerjaan pada 2011.

Penghematan biaya pengobatan bahkan bisa mencapai 90 persen. Bagi sebagian orang, wisata medis membuka kesempatan pengobatan eksperimental yang belum tersedia di negaranya.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Ada beberapa negara yang dikenal sebagai tujuan utama wisata medis di dunia, berikut daftarnya seperti dilansir dari CNNgo:
 
Brasil

Brasil adalah surganya layanan bedah kosmetik. Negara ini memiliki dokter bedah plastik paling banyak per kapita di dunia. Jumlah ahli bedah berlisensi di Brazil lebih dari 4.500 orang.

Di kota-kota utama Brasil seperti Rio de Janeiro dan Sao Paulo, bisa dengan mudah menemukan majalah yang mengupas bedah kosmetik seperti "Plastica and Beauty". Biaya bedah kosmetik di Brasil dua pertiga harga yang umum di AS. Pada 2011, prosedur implan payudara di Brazil senilai US$900 dibandingkan prosedur yang sama seharga US$3.694 di Amerika Serikat.

Thailand

Antara 2010 dan 2014, Thailand diperkirakan akan meraup US$ 8 miliar dari pariwisata medis. Salah satunya, rumah sakit internasional Bumrungrad yang menawarkan fasilitas modern nan mewah. Masuk kawasan ini seperti berkunjung ke hotel bintang empat yang dilengkapi area komersial dan pusat belanja modern. 

RS Bumrungrad memiliki lebih dari 554 tempat tidur dan 30 pusat spesialis. Dari target lebih dari satu juta pasien per tahun, 40 persen berasal dari 190 negara asing. Thailand juga terkenal sebagai salah satu pusat bedah kosmetik di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Singapura


Negara singa merupakan salah satu tujuan para wisatawan medis asal Indonesia. Negara berpenduduk lima juta jiwa tersebut memiliki 13 rumah sakit terakreditasi Badan Akreditasi Internasional (JCI) yang berafiliasi dengan berbagai institusi terkenal.

Singapore Medicine, kemitraan pemerintah dan industri sejak 2003 mempromosikan para anggotanya kepada wisatawan internasional. Termasuk, mewajibkan anggota untuk memposting seluruh biaya perawatan kesehatan.

Singapura menghabiskan kurang dari 4 persen dari PDB pada perawatan kesehatan. Sementara perawatan kesehatan di AS diperkirakan mengkonsumsi 20 persen PDB pada 2019.

India

Ahithi devo bhavha, frase Hindu yang berarti "tamu adalah Tuhan", adalah prinsip perawatan kesehatan di India. Selain bahasa sansekerta, Inggris merupakan bahasa kedua di seluruh rumah sakit negara ini yang lebih memudahkan para wisatawan medis.

Bedah di India sepersepuluh kali biaya di AS. Penggantian katup jantung senilai US$200 ribu di AS hanya sebesar US$10 - 14 ribu di RS Apollo Indraprastha di New Delhi. Bedah mata lasik di RS Apollo sebesar US$300, bandingkan dengan US$4.000 di AS.

Kosta Rika


Perawatan gigi  di negara ini lebih murah 70 persen daripada di AS. Pada 2011, dari 40 ribu wisatawan yang berkunjung ke Kosta Rika, sepertiganya menjalani perawatan gigi. Negara ini juga menawarkan perawatan ortopedi, kardiologi, tulang belakang, bedah kosmetik dan bariatrik.


Bagi Anda yang ingin mendapat tiket perjalanan dan penginapan di Indonesia kunjungi saja gonla.com.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024