VIDEO: Taman Keukenhof, Secuil Surga di Eropa

Bunga Tulip
Sumber :
  • Dok. TRAVELLEZZA ANTV

VIVAlife - Karena keindahannya, ada yang menyebut taman bunga Keukenhof seperti secuil surga di Eropa. Namun, yang jelas, taman bunga yang mulai dibuka pada 1949 itu, memiliki sedikitnya 7 juta kuntum bunga yang dipamerkan untuk wisatawan dunia.

Menpan-RB Sebut Calon Kepala Daerah Tak Bisa Jual Janji Angkat ASN

Meski demikian, Keukenhof hanya dibuka setiap satu tahun sekali, tepatnya di akhir musim dingin dan menjelang musim semi atau setiap akhir Maret hingga Mei. Koleksi terbesarnya tentu saja tulip.

Bunga yang sebenarnya berasal dari Asia Tengah ini berkembang dengan pesat, karena kecanggihan teknologi hortikultura Belanda. Tulip yang tadinya hanya satu warna, berkembang menjadi beraneka warna dan corak.

Selain bisa menikmati koleksi bunga, wisatawan juga bisa bermain di play ground dan belanja. Salah satunya produk andalan Belanda yang diminati wisatawan adalah keju. Pengunjung bisa melihat dari dekat keju Edam dan Gouda yang sangat terkenal.

Longsor di Enrekang Putuskan Akses Transportasi Tiga Kabupaten, Menurut BPBD

Keju di Belanda terbuat dari berbagai bahan dari susu sapi hingga kambing. Campurannya pun beragam, seperti salah satunya paprika. Selain produk bahan pangan, ada pula pernak-pernik yang bisa dijadikan cendera mata, seperti talenan.

Tempat wisata lainnya yang wajib dikunjungi di Belanda adalah desa nelayan Volendam. Berbatasan dengan Laut Utara, Volendam dahulu merupakan pelabuhan Kota Edam penghasil keju yang terkenal. Namun, setelah Edam memiliki pelabuhan sendiri, Volendam pun berkembang menjadi desa nelayan.

Volendam sangat dikenal karena bentuk rumahnya yang mungil dan sangat terawat. Hingga Volendam pun berkembang menjadi desa wisata. Selain bisa menikmati panorama alam yang indah, wisatawan bisa mencicipi ikan hering khas Belanda yang disajikan mentah, fish and chip, hingga sup khas Belanda.

Performa Indonesia di Piala Asia U-23 Pertanda Masa Depan Cerah

Wisatawan juga bisa foto dengan mengenakan kostum tradisional Belanda. Kecantikan Volendam mampu menarik 32 juta pelancong setiap tahunnya.

Belum ke Belanda, kalau tak mengunjungi ibu kotanya, Amsterdam. Salah satu kota tua di Amsterdam yang menjadi tujuan turis adalah Dam Square. Berlokasi berhadapan dengan central station, Dam square berubah fungsi menjadi pasar dadakan di pagi hari dan pasar malam di malam hari saat memasuki musim semi. Permainannya sama dengan pasar malam di Indonesia. Ada komedi putar hingga rumah hantu.

Buat yang berkantong tebal, bisa berburu berlian di pabrik pengasahan berlian tertua dan terbaik di dunia: Coster Diamond. Karena kualitasnya, orang penting dari seluruh dunia memesan berlian di pabrik pengasahan berlian yang telah berdiri sejak 170 tahun lalu itu.

Setiap tahunnya, tempat ini mampu menyedot 30 ribu pengunjung, termasuk dari Indonesia. Selain itu, seperempat karyawannya adalah orang Indonesia. Karena, ternyata turis asal Indonesia merupakan pembeli nomor dua terbanyak dibanding wisatawan dari negara lain di dunia.

Lihat cuplikan video wisata Belanda didan selengkapnya di TRAVELLEZZA, Minggu, 21 April 2013, pukul 10.00 WIB di ANTV. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya