Intip Lima Air Mancur Unik di Dunia

Crown Fountain
Sumber :
  • rackcdn.com

VIVAlife - Keberadaan air mancur biasanya digunakan untuk menghiasi bangunan atau taman-taman kota. Di berbagai negara, air mancur dibuat sedemikian rupa untuk menarik perhatian wisatawan.

Istana Tegaskan Jokowi Tidak Ada Agenda Kunjungan Kerja ke Surabaya

Mulai dari arsitektur yang indah, cantik hingga unik. Bentuknya pun beragam. Seperti dilansir laman Odde, beberapa negara ini membuat air mancur dengan arsitektur yang tidak biasa.

1. Fountain of Neptune
Terletak di alun-alun Piazza Nettuno, Bologna, Italia, air mancur ini memiliki patung Neptunus di atasnya. Namun, yang menarik dan menjadi perhatian justru bukan patung Neptunus, melainkan air yang keluar dari payudara empat patung wanita yang duduk di setiap sudut air mancur.

2. Swarovski Fountain

Swarovski Fountain

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Terletak di Wattens, Austria, air mancur raksasa berbentuk kepala manusia. Air mancur ini persisnya berada di depan museum milik perusahaan kristal, Swarovski Kristallwelten. Seperti diketahui, perusahaan tersebut memindahkan seluruh kantornya yang berada di Bohemia ke alam bebas di Austria.

3. Jeanneke Pis
Air mancur dengan tinggi setengah meter ini berbentuk seorang gadis kecil berambut pendek yang dikuncir dan sedang jongkok serta (maaf) pipis. Patung yang berlokasi di Brussels itu didirikan oleh Denis Adrien Debouvrie pada 1987.

4. Fountain Artist

Fountain Artist

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Air mancur yang dibuat oleh Klaus Weber ini bisa ditemui di sebelah selatan South Bank, London. Dinamakan "The Big Giving", air mancur tersebut memperlihatkan patung pria yang tengah menyiram wajahnya dengan botol air. Air tak hanya keluar dari botol, melainkan dari mulut patung, telinga, mata dan bahkan ketiak.

5. Crown Fountain

Khairiyyah Sari Chicago

Crown Fountain adalah karya interaktif seni publik dan patung video yang ditampilkan dalam Chicago Millennium Park. Air mancur ini dirancang Jaume Plensa dan dibangun oleh Krueck dan Sexton.

Air mancur yang dibuka pada 2004 lalu itu memperlihatkan air keluar dari mulut sebuah gambar wajah di kubik raksasa. Uniknya, kubik tersebut menampilkan gambar wajah yang berbeda-beda. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya