Ritual Padusan, Peninggalan Sakral Jelang Ramadan

Taman Sari
Sumber :
  • U-Report
VIVAlife - Beberapa ritual kuno nyatanya tak lantas lekang oleh waktu. Di beberapa daerah, masyarakat lokal masih menganggap hal tersebut sebagai satu kewajiban. Seperti ritual padusan di Yogyakarta. Ritual yang dilakukan menjelang ramadan ini merupakan percampuran antara budaya Jawa dan Islam. 
Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Muasal kata padusan ini dari kata adus atau mandi. Tujuannya: membersihkan diri dari segala bentuk kotoran yang melekat di tubuh. Pada ritual ini, masyarakat bisa memilih tempat mandi. Di telaga, kolam renang, atau bahkan laut.
Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Di Yogyakarta, padusan rutin dilakukan massal di daerah Sleman, yakni Umbul Pajangan, Pendowoharjo, Sendang Klangkapan, Margoluwih Seyegan, Sendang Ngepas Lor- Donoharjo Ngaglik, dan Umbul Temanten Umbulharjo, dan Cangkringan. Sedangkan di kabupaten Bantul biasanya di laksanakan di Pantai Selatan, yakni Parangtritis.
Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Undang Penasaran

Tempat–tempat yang dipakai untuk ritual padusan selalu ramai setiap tahunnya. Ritual inipun mampu mengundang penasaran para pelancong asing. Biasanya mereka justru sudah berada di Yogyakarta untuk sekadar menjawab keingintahuan tentang ritual ini.

Biasanya, deretan penginapan di kawasan Sleman dan Bantul, penuh oleh kehadiran mereka. Jelang ramadan tahun ini, padusan akan digelar 7 Juli 2013 mendatang. 

Nah, jika Anda juga ingin lebih mendalami budaya dan melihat langsung bagaimana kesakralan ritual ini, pesan penginapan dari sekarang. Pilih penginapan terdekat, untuk memudahkan akses liburan. (ren)

Atau klik di gonla.com untuk tiket penerbangan dengan penawaran khusus. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya