Wanita Lebih Dominan Merencanakan Liburan

liburan
Sumber :

VIVAnews - Siapa yang lebih sibuk saat mencari tiket pesawat, hotel dan berbagai akomodasi saat liburan? Anda atau pasangan? Hasil survei terbaru yang dilakukan Skyscanner, situs pencarian akomodasi liburan, menunjukkan bahwa dibandingkan pria, wanita lebih dominan dalam merencanakan liburan.

KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

Sementara itu, para pria cenderung menyerahkan urusan liburan kepada pasangannya. Menurut keterangan tertulis yang diterima hari ini, Rabu 26 Juni 2013, survei yang dilakukan kepada seribu pelancong internasional menunjukkan bahwa hampir tiga perempat responden atau 750 perempuan wisatawan mancanegara (wisman) adalah pihak yang paling banyak melakukan riset tentang perencanaan liburan. Hanya ada 9 persen yang menyerahkannya kepada pasangannya.

Para pria mengakui bahwa pasangan mereka yang lebih banyak melakukan riset. Sepertiga dari para responden pria beralasan bahwa pasangan mereka lebih cakap dalam mengerjakan perencanaan dan mampu menemukan tawaran wisata yang lebih menarik. Sementara itu, satu dari sepuluh pria mengakui bahwa mereka memang terlalu malas untuk mengerjakannya.

Lalu, seperlima dari para pria percaya bahwa pasangan mereka memang menikmati kegiatan meriset untuk urusan liburan. Sebanyak sembilan belas persen berpikir bahwa pasangan rela melakukan semua risetnya karena tuntutan mereka lebih banyak.

Sepertinya, alasan itu memang benar. Nyatanya hanya 24 persen wanita yang mengatakan bahwa mereka akan senang jika pasangan mereka membuat semua keputusan yang berhubungan dengan liburan untuk mereka.

Survei ini menunjukkan sebanyak 95 persen responden wanita dan 97 persen responden pria senang dengan pengaturan pengambilan keputusan yang berlangsung.  Hal itu diperkuat dengan fakta bahwa hanya 5 persen yang mengatakan mereka sering berbeda pendapat dalam mengambil keputusan soal liburan.

Keputusan mengenai penerbangan adalah yang paling sedikit menimbulkan perbedaan pendapat, dengan 2 persen yang sering berbeda pendapat. Sementara, soal menentukan budget liburan adalah persoalan paling kritis antara pria dan wanita, hampir satu dari sepuluh responden mengaku bahwa mereka selalu berselisih pendapat untuk urusan uang.

Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia, Tika Larasati, mengatakan bahwa perencanaan liburan tidak hanya bermaksud untuk kesenangan. Tetapi juga menentukan anggaran dengan bijak.

"Ketika merencanakan liburan, terdapat tingkat pengertian yang tinggi antara para pria dan wanita. Wanita merupakan yang paling terlibat dengan perencanaan perjalanan dan pria menghormati keputusan mereka," kata Tika.

VIVA Militer: Dua helikopter militer Malaysia bertabrakan dan jatuh

2 Helikopter Militer Malaysia Tabrakan dan Hancur, 10 Prajurit Tewas

Insiden terjadi saat Tentara Laut Diraja Malaysia mengadakan latihan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024