Taman Burung Yogyakarta, Areal Istirahat Jalur Selatan

Memberi makan burung di Gembira Loka Zoo Bird Park Yogya
Sumber :
  • VIVAnews/ Daru Waskita
VIVAlife - Liburan Lebaran bersama keluarga di Yogyakarta belum lengkap tanpa mengunjungi Gembira Loka Zoo (GLZoo). Pasalnya menjelang hari Raya Idul Fitri, GLZoo membuka wahana baru berupa taman burung. Di tempat ini pengunjung dapat berinteraksi dengan burung-burung jinak.
Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa
 
Direktur Utama GLZoo KMT A.Tirtodiprojo menjelaskan, taman burung yang baru dibuka itu dibangun di atas  tanah 4500 m2. Pengerjaan dilakukan sejak awal Oktober 2012. Joko, demikian Tirtodiprojo biasa disapa, menambahkan, untuk melengkapi koleksi burung pihaknya mengeluarkan anggaran Rp1,5 miliar.
2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer
 
Taman burung ini berisi 31 kandang. Di dalamnya terdapat sekitar 350 burung dari 64 jenis burung. Lokasinya dibagi dalam sembilan area, yakni area flamingo, elang, kandang bentuk kubah, tempat interaksi Lory, paruh bengkok, cendrawasih, kolam terbuka, kandang pecuk hitam, dan penguin.
BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun
 
"Di taman burung ini ada yang unik, khususnya di area kubah. Di situ ada bermacam jenis burung berkicau yang dibiarkan bebas berinteraksi dengan pengunjung,” jelasnya.
 
Sedangkan di area Lory Kingdom, kata Joko, burung-burung cantik ini juga dibiarkan bebas terbang di kandang seluas 200 meter persegi. Pengunjung bisa lebih mengenal lebih dekat jenis burung blue-streaked, violet-necked dan rainbow yang dikenal sebagai burung warna-warni. 
 
Tak hanya burung, Anda juga bisa menemukan keluarga unggas lainnya seperti angsa dan bebek mandarin yang dilepas di kolam. Dan satu lagi, taman burung ini juga bekerjasama dengan Singapura Zoo untuk mendatangkan Pinguin Afrika atau Jacksss Penguin.
 
"Kedatangan penguin masih menunggu proses karantina di Singapura. Rencana pada September mendatang sudah bisa dinikmati pengunjung," katanya.

Selain itu, burung flamingo, spoon bill, scarlet ibis, grey crown crane, juga disebut akan melengkapi koleksi taman burung ini.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya