VIDEO: Ragam Barang di Pasar Antik Usia 5 Abad

Pasar Antik Bazerkan Berusia 5 Abad
Sumber :
  • tvOne

VIVAlife -Pasar antik biasanya digunakan sebagai sebutan untuk pasar yang menjual barang-barang berusia ratusan hingga ribuan tahun. Namun pasar antik di Libanon ini justru disebut sebagai pasar antik karena usia pasarnya sendiri yang kini berumur lebih dari lima ratus tahun.

Jokowi Ungkap Skandal Pencucian Uang Lewat Kripto hingga Rp 139T

Pasar antik ini memiliki gerbang utama bawah tanah yang berbatasan dengan laut dan memiliki dua buah benteng yang kini menjadi batas kota di Sidon, Libanon.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan pelabuhan, pasar ini pernah menjadi pusat perdagangan bagi para pedagang di zaman Utsmani. Pasar ini juga terkenal dengan kebersihan dan keindahan arsitekturnya, bahkan pasar Bazerkan ini juga merupakan pasar terbesar dan penataan terbaik.

Sebagai pasar antik, pasar Bazerkan ini tidak menjual barang-barang antik yang berumur ratusan tahun. Pasar ini justru memperjual belikan kayu, emas dan parfum. Nama Bazerkan sendiri diambil dari dua kata, 'Bazar' yang berarti pasar dalam bahasa persia, dan 'Kan' yang berarti pedagang pasar. Pedagang-pedagang yang berjualan di tempat ini, juga merupakan keturunan dari pedagang-pedagang sebelumnya.

Sayangnya, pasar Bazerkan mulai banyak ditinggalkan. Hal tersebut, karena mulai banyaknya pasar modern yang bermunculan di Libanon.

Pengisian BBM Pertamax (dok Pertamina)

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Pertamina mencatat konsumsi Gasoline yaitu Pertamax series naik 9,6 persen pada periode 24 Maret hingga 15 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024