10 Kesalahan Pelancong saat Liburan

liburan
Sumber :

VIVAlife - Berlibur akan menjadi sangat menyenangkan jika sesuai dengan harapan. Namun seringkali ada beberapa hal yang menyebabkan liburan menjadi kacau.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Sebelum acara liburan Anda berakhir dengan hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya menyimak 10 kesalahan yang sering dilakukan pelancong saat berlibur.

1. Membawa barang terlalu banyak

Ketika liburan, bukan berarti Anda harus membawa seluruh isi lemari. Seperti dilansir laman CNN, pelancong dianjurkan membawa pakaian dengan bijak. Anda bisa membawa satu baju tidur untuk digunakan tiga hari atau celana jins yang bisa digunakan beberapa kali.

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Pastikan juga menutup rapat perlengkapan mandi agar tidak tumpah dan mengotori pakaian. Barang bawaan tidak hanya menjadi masalah ketika baru saja berangkat, tapi juga saat membeli oleh-oleh. Ketika membeli oleh-oleh, sebaiknya pikirkan bagaimana Anda akan membawanya.

2. Terlalu banyak aktivitas dalam suatu hari

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali

Cuti pendek menjadi alasan banyak pelancong untuk memadatkan agenda liburan mereka dalam beberapa hari. Misalnya, berusaha mengunjungi tiga objek wisata terkenal di pagi hari dan pada siang harinya menikmati wisata kuliner di tiga tempat populer. Ahasil, saat liburan berakhir Anda akan kelelahan dan kurang menikmati waktu liburan.

3. Berdebat terlalu lama saat menawar barang

Saat berada di suatu daerah, tidak jarang penjual suvenir memasang harga yang tidak wajar. Tapi bukan berarti Anda harus berdebat lebih dari 15 menit hanya untuk menawar suatu barang incaran Anda lebih murah. Lebih baik simpan tenaga Anda untuk mengekplorasi objek wisata lain.

4. Terlalu sibuk berfoto

Obsesi masyarakat modern saat ini adalah selalu mendokumentasikan kegiatan mereka di media sosial. Namun ternyata hal tersebut bisa jadi bumerang untuk Anda. Karena tanpa sadar Anda hanya akan terlalu sibuk mengambil foto, bukannya menikmati suasana liburan.

5. Lupa mengecek paspor

Sebelum berangkat, pastikan paspor Anda masih memiliki masa berlaku yang cukup lama. Jangan sampai Anda ditolak masuk hanya karena masa berlaku paspor Anda kurang dari syarat yang berlaku di negara tersebut.

6. Takut mencoba makanan lokal

Tak ada salahnya mencicipi makanan lokal ketimbang bersantap di restoran cepat saji yang bisa ditemui di dekat rumah. Jika makanan tersebut banyak digemari warga lokal, asumsikan saja makanan tersebut aman dan Anda akan baik-baik saja. Namun tentunya bagi pelancong Muslim harus mengecek terlebih dahulu kehalalan dari makanan tersebut.

7. Tidak mengatur rancana liburan

Saat memutuskan untuk berlibur, siapkan segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari mencari tiket pesawat dan penginapan murah jauh-jauh hari. Selain itu pastikan Anda tidak lupa mengaktifkan layanan roaming agar biaya telepon tidak membengkak dan mengecek ulang persyaratan visa.

8. Lupa menukar uang di bandara

Ada pendapat untuk menukar uang di kota tujuan karena nilai tukarnya lebih baik dari pada di bandara. Namun Anda tetap membutuhkan mata uang lokal dengan nominal kecil untuk transportasi dari bandara ke kota.

9. Tidak membeli asuransi perjalanan

Akan lebih baik jika Anda membeli asuransi perjalanan secara keseluruhan. Karena tidak akan ada yang tahu musibah apa yang akan menimpa Anda selama perjalanan. Lebih baik mengantisipasi musibah selama liburan.

10. Menggunakan kartu kredit untuk pembayaran

Jangan biarkan uang Anda habis dengan percuma hanya karena Anda malas mengeluarkan uang tunai. Karena perusahaan kartu kredit biasanya akan mengenakan biaya transaksi lebih tinggi di negara lain. Begitu juga dengan penggunaan debit atau saat Anda mengambil uang di ATM. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya